Menumpang Lewat

Obrolan intraaplikasi situs Tokorporat dot com, 12 November 2016

[guest1155, 11/12/16, 1.24 PM]: Siang
[guest1155, 11/12/16, 1.24 PM]: Toko Klandestian?
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.26 PM]: Siang Mbak
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.27 PM]: Iya betul
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.27 PM]: Ada yg bisa saya bantu?
[guest1155, 11/12/16, 1.27 PM]: Sy minat beli kameranya
[guest1155, 11/12/16, 1.28 PM]: Yg Arsenalic MXIR 2275
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.28 PM]: Oh
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.29 PM]: Yg edisi spesial
[guest1155, 11/12/16, 1.30 PM]: Iya
[guest1155, 11/12/16, 1.31 PM]: Harganya itu bener cm 1.4 jt?
[guest1155, 11/12/16, 1.31 PM]: Kok murah
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.32 PM]: Emang segt Mbak
[guest1155, 11/12/16, 1.33 PM]: Fiturnya apa aj?
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.33 PM]: 16 mp, bawaan f/2, iso sampe 1600, zoom sampai 28x, flash, infrared, nightvision
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.34 PM]: bisa liat t4 gelap
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.34 PM]: foto malam2
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.35 PM]: bawah tanah, panorama malam
[guest1155, 11/12/16, 1.35 PM]: Eh?
[guest1155, 11/12/16, 1.36 PM]: Ada IR?
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.36 PM]: Namanya aj MXIR mba
[guest1155, 11/12/16, 1.36 PM]: Oh iya ya
[guest1155, 11/12/16, 1.39 PM]: Ok
[guest1155, 11/12/16, 1.39 PM]: Sy bungkus
[guest1155, 11/12/16, 1.40 PM]: Deal
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.42 PM]: Oke
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.43 PM]: Tlg transfer ya Mbak
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.43 PM]: Ke rekening ini
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.43 PM]: Bank Portalmess Fathom
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.44 PM]: Diarmaid Caperland
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.44 PM]: 9903.2018.74691
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.45 PM]: Plus ongkir ya Mbak
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.45 PM]: Ini dgn mbak siapa?
[guest1155, 11/12/16, 1.45 PM]: Armenta
[guest1155, 11/12/16, 1.46 PM]: Oke Mbak
[guest1155, 11/12/16, 1.46 PM]: Sip
[guest1155, 11/12/16, 1.46 PM]: Ditunggu
[guest1155, 11/12/16, 1.55 PM]: Sy udh transfer ya
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.57 PM]: Sip
[diarmaid1311, 11/12/16, 1.58 PM]: Segera dikirim Mbak
[guest1155, 11/12/16, 1.59 PM]: Tengkyu

Portalmess Lighthouse Daily, 16 November 2016, rubrik Lintas Negara

Portalmess, Selasa 11/15 – Kasus pembunuhan terhadap Dvorak Garinkov (41), yang sudah menjadi misteri sejak Mei lalu, baru saja mendapat titik terang anyar. Diarmaid Caperland (28), seorang pemilik toko daring, tiba-tiba muncul dan memberikan kesaksian mengejutkan. Ia mengatakan bahwa pembunuh sebenarnya bisa dicari dengan menggunakan bantuan kamera infrared. Anehnya, kamera tersebut baru saja dijualnya ke seorang pembeli, hari Minggu lalu.

Dicap ingin cuci tangan dari masalah, Diarmaid mengamuk saat diserbu awak media. “Pokoknya saya gak mau buka identitas pembelinya. Kasihan, dia perempuan single. Saya akan ngomong ke polisi soal ini, tapi tidak ke kalian! Titik!” tandas Diarmaid saat diwawancarai oleh kru kami.

Liputan komprehensif menyusul.

Yahoo! Messenger, 18 November 2016

armenta0704 (18:11): Mas wasis
armenta0704 (18:12): Saya udh di t4
wasissamulya4ever (18:12): Oh sip
wasissamulya4ever (18:13): Kmu kebagian foto rubanah ya
wasissamulya4ever (18:13): Lgsg aja ke sana
wasissamulya4ever (18:13): Foto yg bnyk
armenta0704 (18:15): Oke mas

wasissamulya4ever is away

wasissamulya4ever (18:18): Armen?
wasissamulya4ever (18:18): Kmu di mn?
armenta0704 (18:19): Mas wasis
armenta0704 (18:19): Ini kamera serem e
armenta0704 (18:20): Kok bs lihat mcm2 yak
wasissamulya4ever (18:21): Mksudmu apa men?
armenta0704 (18:22): Kek ada hantunya gt
wasissamulya4ever (18:22): Heh?
armenta0704 (18:23): Td aku foto 2x
armenta0704 (18:23): Tau2 ada muka org
armenta0704 (18:24): Mirip sm si anu
wasissamulya4ever (18:24): Siapa?
armenta0704 (18:25): Siapa namanya? Dvorak?
armenta0704 (18:26): Yg mati Mei kmrn
wasissamulya4ever (18:26): Hah?
armenta0704 (18:26): Sama pembunuhnya mgkn
wasissamulya4ever (18:27): Eh
wasissamulya4ever (18:27): Ini kamera Diarmaid yak?
armenta0704 (18:28): Ho oh
armenta0704 (18:28): Aku beli di tokorporat
armenta0704 (18:28): Kok mas tau?
wasissamulya4ever (18:28): Ya iyalah
wasissamulya4ever (18:29): Itu lg heboh
armenta0704 (18:29): Kok aku ga tau?
wasissamulya4ever (18:29): Sini, tak kirimi fotone si diarmaid
wasissamulya4ever (18:31): [image0439.jpeg 122 kb – sent]
armenta0704 (18:32): Waaa
armenta0704 (18:33): Ternyata dia yg bunuh ya
armenta0704 (18:33): Si penjualnya
wasissamulya4ever (18:34): Ih, buang deh tuh kamera, men
wasissamulya4ever (18:34): Pakek kameraku
armenta0704 (18:35): Oh bntr mas
armenta0704 (18:35): Aku naik
armenta0704 (18:36): Aku msh di basement
wasissamulya4ever (18:36): Ya udh
wasissamulya4ever (18:37): Kutungguin

armenta0704 is away

wasissamulya4ever (18:42): Armen?
wasissamulya4ever (18:43): Kmu di mana?

armenta0704 is offline

wasissamulya4ever (18:51): Armen?

armenta0704 is offline

Portalmess Lighthouse Daily, 22 November 2016, rubrik Lintas Negara

Portalmess, Sabtu 11/20 – Diarmaid Caperland (28), pelapor tindak pidana teranyar dari kasus pembunuhan Dvorak Garinkov (41), dilaporkan menghilang secara misterius. Keluarga sudah dimintai keterangan, namun tidak ada yang mengetahui keberadaan pemilik toko daring Klandestian itu.

Di waktu nyaris bersamaan, Armenta Windrati (30), fotografer interior yang diduga kuat membeli kamera inframerah dari Diarmaid, ditemukan tewas, di tangga rubanah gedung Sempreverde Soho, Jumat 11/18. Tidak ditemukan tanda kekerasan di tubuh korban. Saksi Wasis Samulya (31) bungkam saat ditanyai para wartawan. Anehnya, sama sekali tidak ada kamera yang ditemukan di tempat kejadian.

Laporan komprehensif akan menyusul.

Surel wasissamulya@gmail.com, 23 November 2016

From : Wasis Samulya [wasissamulya@gmail.com]
To : Caperland, Diarmaid [diarmaid.caperland@gmail.com]
Date : Wed, 23 Nov 2016, 04:27 am
Subject : Kamera Armenta – Arsenalic MXIR 2275
Mailed-by : gmail.com
Signed-by : gmail.com
Message :

Dear Diarmaid,

Mungkin Anda sudah tahu bahwa Armenta, rekan saya yang membeli kamera Anda, tewas secara misterius. Konon sebelum tewas, Armenta sempat bilang bahwa kamera ini bisa menangkap citra Dvorak Garinkov dan Anda, meskipun jelas di sana tidak ada kalian. Kejadiannya di rubanah rumah yang sedang kami garap, alamatnya di Harvestry Road nomor 91.

Anehnya, kamera itu menghilang begitu saja.

Setelah mendengar bahwa kemarin Anda mencari saya, baiklah. Intinya, saya tidak ingin memperpanjang masalah. Saya juga tidak berniat mencari kamera itu kembali. Saya hanya ingin hidup tenang.

Terima kasih.

Wasis Samulya

Akun Twitter Portalmess Safety, 24 November 2016

Portalmess Safety
@PortalmessSafe

Wasis Samulya, fotografer interior, ditemukan tewas di rubanah Harvestry Road 91. Tidak ada tanda kekerasan lain. http://t.co/ue92osjp

11/24/16, 19:40

Akun Twitter Portalmess Safety, 26 November 2016

Portalmess Safety
@PortalmessSafe

Ditemukan mayat yg diperkirakan sdh tewas >3 bulan di Harvestry Road 91, teridentifikasi sebagai Diarmaid Caperland. http://t.co/1a34ogjr

11/26/16, 12:49


(Jakarta, 12/11/2016935 kata. Pernah diikutsertakan dalam kompetisi Creepypasta Bukune dalam rangka Halloween 29 Oktober s/d 14 November 2016. Tidak ada pengumuman hasil lomba hingga enam bulan berselang, sehingga kuanggap tulisan ini kembali jadi milikku. Epistolari ini ditulis hanya dalam satu jam.)

Advertisements

Kisi-Kisi Ujian Akhir Gelar Presiden

Kuis: Yuk Ukur Kemampuanmu dalam Membangun Sebuah Negara!

 

Survei dari Nelson mengemukakan bahwa 53% dari kaum pria kalangan atas di era 2210-an ini bercita-cita mendirikan negara sendiri dan menghimpun kekuatan berupa rakyat yang disebut juga minion—sesuai akronim “maju, intelek, nasionalis, imajinatif, orisinal, dan nyaman”. Bahkan 24% dari pria berusia 25-40 di negara kita ini sudah punya pekerjaan sampingan sebagai presiden para minion, lo!

Nah, bagaimana dengan kamu, para Tislers? Mungkin saja para Tislers sudah ada yang berencana menunggangi feri dan berlayar ke pulau kecil terdekat untuk membeli dan mendirikan negara di sana? Sebelum sauh ferimu bertolak, yuk, simak dulu peluang keberhasilanmu dalam membangun negara!

SOAL 1

Apa yang memotivasi kamu membangun suatu negara?

A. Ikut-ikutan teman, demi memuaskan kedengkian. Dia bisa, kenapa saya tidak?
B. Saya bercita-cita mendirikan partai; sudah punya duit, tetapi belum kesampaian.
C. Saya tidak tahu mau menghabiskan uang saya ke mana.
D. Saya sudah siap mencalonkan diri jadi bupati di tahun 2217. Membangun negara bisa jadi ajang saya latihan. Semacam simulator.

SOAL 2

Kamu punya 1.000 minion. Berapa lama waktu yang dibutuhkan negaramu untuk menghasilkan 50.000 potong pai?

A. Tergantung minion itu ada di kasta mana. Kasta nirwana: 1 tahun (mereka perlu waktu menanak pikiran). Kasta semenjana: 3 hari (mereka terbiasa kerja cepat, kok).
B. Tergantung saya sedang suka pai atau tidak. Sedang suka: 3 hari. Sedang tidak suka: 1 tahun.
C. 3 hari.
D. 1 tahun.

SOAL 3

Bagaimana tindakan kamu sebagai Bapak Peneroka Negara kalau ada minionmu yang berselisih paham sampai ramai?

A. Diam saja. Minion saya sudah dewasa dan saya bukan orang tua mereka. Biar mereka yang selesaikan masalah mereka sendiri.
B. Melerai dan membela salah satu, lalu memvonis yang satunya. Keadilan harus ditegakkan demi rasa aman minion!
C. Melerai dan melenggang seperti tidak ada apa-apa yang terjadi. Yang penting tenang, jangan ribut.
D. Siapa ribut, saya hilangkan!

SOAL 4

Apa yang akan kamu lakukan apabila negara milik sahabatmu berhasil menghelat pagelaran seni hebat macam Glastonbury atau Java Jazz?

A. Kepanasan, dong! Saya akan buru-buru cari sponsor, gelontorkan modal dan duit dan saham dan kalau perlu celana saya atau sarung bantal saya yang beriler juga boleh, demi bisa bikin acara atau festival yang lebih besar!
B. Saya masukkan wacana itu dalam daftar pencapaian negara dalam lima tahun ke depan. Selama itu, saya akan pelan-pelan cari modal.
C. Saya kenal sama vokalis sebuah band terkenal. Coba saya lobi lewat dia dulu.
D. Daripada menggelar acara begitu, mending saya menggelar festival memandikan luak pakai tuak.

SOAL 5

Seperti apa cara kamu mulai membangun ekonomi para minion?

A. Tawarkan sistem pasar yang menarik. Mereka bisa jualan apa saja.
B. Berikan celengan babi dengan saldo sama rata ke semua minion lalu didik mereka dengan materi kursus Kelola Uang Lintas Klasifikasi Aset (KULKAS).
C. Menanggung pangan sandang papan pendidikan minion dan buka lapangan-lapangan pekerjaan yang saya biayai langsung. Lalu saya tarik pajak yang besar.
D. Membagikan aset kepada minion lalu memasukkan hiu besar ke dalam kolam tempat minion hidup.

SOAL 6

Kamu mungkin mendengar berita bahwa belakangan ini daya beli minion sedang lesu karena omset jualan masing-masing sedang tipis. Bagaimana tindak lanjut kamu sebagai Bapak Peneroka Negara?

A. Tetap selenggarakan acara atau festival! Yang penting nama negara saya dikenal orang!
B. Gelontorkan yang lagi buat para minion. Saatnya bakar duit!
C. Saya teliti komoditi mana yang bisa dijual minion ke luar negeri dan coba saya optimalkan.
D. Pinjam modal saja ke teman saya yang bapak ibunya konglomerat, buat disuntikkan ke minion. Gampang.

SOAL 7

Apa yang kamu utamakan ketika membangun fasilitas ranah umum bagi para minion?

A. Tampilan. Asal keren dulu, deh. Fungsi-fungsi nanti saja, sambil jalan.
B. Ketahanan. Yang penting pakai material terbaik dan jangan lapuk oleh cuaca.
C. Kemudahan akses.
D. Jumlah dan pemerataannya.

SOAL 8

Bagaimana kamu menyemangati minionmu yang patah semangat kalau bisnisnya tak laku?

A. Itu artinya mereka kurang getol berpromosi. Saya akan suruh mereka promosi terus saja.
B. Perbantukan tim marketing. Mungkin minion-minion itu butuh teman untuk menggali potensi mereka.
C. Gelar acara dan festival.
D. Ajak pesta, minum tuak.

 

SKOR KAMU

1. A = 0, B = 1, C = 2, D = 3
2. A = 0, B = 1, C = 2, D = 3
3. A = 0, B = 1, C = 2, D = 3
4. A = 0, B = 1, C = 2.5, D = 2.5
5. A = 0.5, B = 0.5, C = 2.5, D = 2.5
6. A = 0, B = 1, C = 2.5, D = 2.5
7. A = 0, B = 2.5, C = 2.5, D = 1
8. A = 0, B = 3, C = 2, D = 1

 

INTERPRETASI

Skor total 26.5-30
Selamat! Kamu adalah calon presiden terkemuka yang akan memimpin minion menuju ekonomi dunia baru yang cemerlang! Saat ini, di seluruh penjuru dunia memang sudah terlengkapi berbagai fasilitas canggih, keamanan, kemudahan, dan otomatisasi. Kamu tinggal mempermulus itu semua dan memberi minion-minionmu akses. Selesai. Mereka akan mendukungmu penuh dan mengelu-elukan namamu di pemilihan pimpinan periode berikut, menyematkan gelar pahlawan pada namamu. Salut!
Skor total 22.5-26
Kamu berpotensi menjadi Bapak Peneroka Negara yang baik, tetapi kamu harus berkaca pada beberapa faktor yang mungkin perlu kamu perbaiki. Coba ambil kursus manajemen, perilaku, atau kepemimpinan untuk mengasah potensi dan keterampilanmu.
Skor total 22 atau kurang
Sayang sekali. Kamu bakal jadi Bapak Peneroka Negara yang gagal. Sifatmu yang keburu nafsu dan segera kepanasan ketika melihat negara tetangga yang lebih hijau atau lebih piawai berstrategi bakal menggiring para minion untuk menjauhimu dan memilih presiden baru. Atau yang lebih buruk, satu per satu minionmu akan mengajukan diri untuk menggantikanmu. Tak ada lagi yang mau jadi rakyat karena semua mau jadi penguasa. Jadi, maaf, kamu tidak cocok berhadapan dengan emban tugas membangun negara baru. Sebaiknya urungkan niatmu sekarang, pulang saja ke istanamu, dan main Sims City saja lewat komputer layar mutakhirmu.

[Jakarta, 16/03/2018, 996 kata] [Diikutkan pada #NulisKilat Storial Platform, ketentuan: premis “seorang pria mendirikan negara baru namun kesulitan mencari rakyatnya”, genre utopia, ending sedih]