[Travel to Europe] Mengurus visa Britania Raya (bagian 1)

Astaga, ternyata sudah setahun lebih saya tidak ngepost tentang jalan-jalan di blog ini!

Baiklah, baiklah. Kali ini saya akan bahas soal Britania Raya (atau United Kingdom) adalah wilayah yang mencakup Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia. Negara ini memiliki banyak sekali kota yang memiliki ciri masing-masing, dan hampir semuanya menarik untuk dikunjungi. Di tulisan yang ini, kita akan membicarakan prosedur mengurus visa UK (tipe turis) untuk warga negara Indonesia yang berdomisili di Jakarta atau bersedia mengurusnya di Jakarta, berdasarkan pengalaman pribadi pada bulan Februari 2017 yang lalu.

 

Continue reading

Advertisements

Army of Angels Collaboration – Special Thanks

Dulu, waktu aku baru aktif sekitar tiga-empat bulan di Storial.co, aku (maaf, kata gantinya jadi aku. Padahal biasanya, ‘kan, saya. Sekali-kali boleh dong) dan beberapa rekan penulis berhasil mewujudkan proyek kolaborasi menulis yang superspesial buat kami semua. Proyek itu bertajuk Army of Angels. Seperti apa proyek itu dan apa saja yang kami lakukan? Yuk disimak.

 

Continue reading

30 Days of Writing Challenge – day 9

Katanya hari ini temanya “post about your zodiac sign and whether or not it fits you“. Oke. Pemilik blog ini bilang, challenge accepted. Tapi syaratnya, aku yang nulisin buat dia. Ya, oke, oke…

Sebagai pembukaan, zodiac sign yang punya blog ini adalah…

Zodiak apa itu? Oi, apa gunanya Google?

Nah. Pertanyaannya, apakah ramalan dan karakterisasi yang selama ini ada di mana-mana, cocok apa enggak sih sama ciri-cirinya dia?

Setelah kutanyai si pemilik blog ini, jawabannya: Enggak terlalu. Hahahaha…

Lho?

Jadi begini. ‘Kan karakteristik manusia tuh ada macam-macam kriterianya. Ada yang bilang faktor golongan darah, faktor urutan lahir, faktor tahun kelahiran atau faktor shio, dan banyak lagi. Belum lagi keterlibatan faktor-faktor non-klenik seperti faktor lingkungan, didikan orang tua, didikan sekolah, lingkungan pergaulan. Sampai faktor yang ajaib-ajaib lagi, seperti jenis musik kesukaan, film kesukaan … kacau deh, banyak banget. Itu semua berpengaruh ke pembentukan karakter manusia. Jadi menurutku, karakter manusia ditentukan sebagian besar oleh faktor non-klenik, dan faktor non-klenik menjadi faktor pendukungnya.

Mengapa ada orang yang karakternya “zodiak anu banget“? Bisa jadi karena orang tersebut sudah membaca ramalan zodiak sendiri dan meyakininya banget, sampai masuk mimpi, masuk alam bawah sadar, lantas segala tindakannya disesuaikan dengan zodiaknya. Kemungkinan kedua, ya karena memang kebetulan.

Hm… daripada bahas soal klenik versus non-klenik, coba buka borok sendiri dulu. Ini nih, katanya, karakter zodiak yang tadi, menurut [website ini].

Strengths: Reliable, patient, practical, devoted, responsible, stable
Weaknesses: Stubborn, possessive, uncompromising
Likes: Gardening, cooking, music, romance, high quality clothes, working with hands
Dislikes: Sudden changes, complications, insecurity of any kind, synthetic fabrics

Karena zodiak ini adalah elemen tanah yang fixed, maka konon orang-orangnya bisa diandalkan, stabil, menyukai keindahan, dan menyukai sentuhan – baik oleh orang lain, maupun oleh diri sendiri.

Yang kuberi garis bawah, itu traits yang sepertinya cocok dengan dia. Seenggaknya, yang bisa kulihat sih begitu. Selebihnya, silakan tanya ke rumput yang bergoyang. Bisa dilihat, yang cocok cuma berapa persen?

Rinciannya begini. Meskipun biasanya dia bisa diandalkan, pemilik blog ini adalah orang yang tidak sabaran. Suka hal-hal rumit, makin rumit makin sip deh pokoknya. Cuma susah nih, orangnya suka berubah-ubah. Sebentar maunya ini, eh sebentar kemudian, maunya udah berubah lagi. Soal selera, jangan tanya deh. Meskipun mungkin terlihat suka benda-benda wah, sebetulnya dia lebih mementingkan kenyamanan daripada faktor-faktor yang lainnya (mungkin, kain sintetik termasuk). Enggak suka berkebun, apalagi memasak? Memasak mi instan saja sudah prestasi.

Kalau enggak cocok, terus gimana dong? Mari kita coba cari jalan tikus.

Kata website dan textbook astrologi, kalau zodiak tidak cocok dengan karakteristik seseorang, coba cek dua parameter lain: Zodiak tetangga terdekat, lalu cek juga lunar zodiac (moon sign)-nya.

  1. Zodiak tetangga terdekat terutama perlu dicek jika tanggal lahir berdekatan dengan pergantian zodiak (baca: Cusp). Misalnya kamu kelahiran 23 September. Itu zodiak apa coba?
  2. Sementara lunar zodiac adalah zodiak yang ditentukan berdasarkan posisi bulan di hari dan jam kita lahir.

Oke, coba kita cek si tetangga. Kamu mau cek tetanggamu juga? Coba lihat [tautan ini].

Daripada ngeliat yang analisisnya udah campuran begitu, si pemilik blog bilang lebih baik lihat analisis ketengannya saja. Ya udah, diturutin. Ini analisis zodiaknya tetangga, kalau begitu:

Strengths: Gentle, affectionate, curious, adaptable, ability to learn quickly and exchange ideas
Weaknesses: Nervous, inconsistent, indecisive

Likes: Music, books, magazines, chats with nearly anyone, short trips around the town
Dislikes: Being alone, being confined, repetition and routine

Singkat kata: Aduh, sudahlah. Ini lebih tidak cocok lagi.

Terus, bagaimana dengan moon sign? Sini, kujelaskan.

Kata textbook lagi, rupanya sifat-sifat seseorang yang terkait dengan emosinya bisa dipengaruhi oleh lunar zodiac-nya itu. Entah komprehensiku benar atau tidak, sepertinya zodiak asli menggambarkan karakteristik seseorang, sementara lunar zodiac menggambarkan ciri reaksi emosional seseorang.

Untuk tahu apa moon sign-mu, kamu butuh informasi tanggal lahir, jam lahir, dan zona waktu di mana kamu lahir. Masukkan di [tautan ini]. Misalnya, post ini dibikin di tanggal 11 September 2016, jam 3.40 PM, zona waktu GMT +7. Moon sign-nya Capricorn (kata mesin itu).

Kalau moon sign-nya si pemilik blog ini, beginilah analisisnya:

Strengths: Responsible, disciplined, self-control, good managers
Weaknesses: Know-it-all, unforgiving, condescending, expecting the worst
Likes: Family, tradition, music, understated status, quality craftsmanship
Dislikes: Almost everything at some point

Nah, ini lebih mendingan. Lumayan banyak yang cocok. Si pemilik blog ini termasuk orang yang susah dihentikan kalau udah jelas maunya. Dia juga sangat berdisiplin untuk mencapai tujuan yang dia mau, bisa mengantisipasi banyak hal, dan lebih menyukai posisi di mana dia kurang dianggap atau diremehkan. Selain itu, dia juga banyak komplain-nya. Hihi.

Rupanya, menurut pengakuannya, ada anggota forum menulis yang pernah coba menebak zodiak si pemilik blog ini berdasarkan gaya menulisnya, dan jawaban rekan tersebut -sebetulnya- benar, tapi untuk moon sign-nya. Begitu ditebak begitu, si pemilik blog langsung buka [tautan ini], dan kebingungan sendiri mana yang sebetulnya lebih mirip ke dia. Mungkin dia butuh pendapat orang lain, atau orang pintar lain, lebih tepatnya. Yang jelas, aku enggak bisa bantu dia saat itu.

Ah, sudahlah, jadi mumet.

Baik. Jadi sudah terjawab pertanyaannya, ya. Terima kasih udah membaca analisis pendek yang rada gila ini. Semoga yang baca pusing, supaya analisis ngaco ini tidak bisa direplikasi. Hidup klenik!

30 Days of Writing Challenge – day 6

Sesekali bikin postingan yang meruntuhkan nama baik, ah (Membetulkannya adalah urusan belakangan).

30 things about @triskaidekaman (POV3), are:

  1. Apple fangirl.
  2. Huge fan of Sebastian Vettel (F1 world champion of 2010, 2011, 2012, and 2013) and once met him in very close proximity.
  3. INTJ.
  4. Analytical person.
  5. Once reached nivel A2 (self-learned) and Duolingo level 18 (74% proficiency) in Spanish, but that skill has been withered.
  6. Half-medical, half-the-rest-of-the-whole-science.
  7. Favorite subject in college: Forensic medicine.
  8. Fan of FC Barcelona, but often disagree with majority of fans and often insult self players.
  9. Secret fan of One Direction‘s songs and Harry Styles. Hey, no posters here, because…
  10. …she does not know how to do a fangirling.
  11. Has visited 11 countries until today.
  12. Avid Samsung black-campaigner.
  13. Lucky online number is 13, as this number is also related to her online nickname.
  14. Types with around 65-70 words per minute, more fluently with left hand.
  15. Has read all Sidney Sheldon‘s novels.
  16. Able to fluently operate computer mouse with either right or left hand. Related to this: She had finished Zuma Deluxe game by playing the entire game with right hand, then playing the entire game with left hand.
  17. Never interested to Korean entertainment (drama, music, TV show) at all.
  18. Has watched and followed European soccer limelight for around 20 years.
  19. Told not to drink coffee due to health issue, but often disobey.
  20. Once an avid fan of LOST and Heroes (TV series).
  21. Has a long-term goal to have at least one book published by major publisher, therefore she can show the book to her ex-teacher who accused her of inability to write (what a grudge).
  22. Would be an engineer, if the past could be changed.
  23. Night person.
  24. Often functioning with only 5-6 hours of sleep.
  25. Top 3 watched actors in film until today: Ben Affleck (13 films), Jude Law (33), and Ryan Gosling (13).
  26. Highly picky eater.
  27. Looks for inspiration of writing in bathroom or toilet.
  28. Dream holiday destination: Reykjavik, Iceland.
  29. Once glared each other with Ridho Rhoma, then we almost ended up in fight due to such glares.
  30. Is running a non-fictional book blog.

Puas? Puas?

Selamat dikunyah sampai muntah. Haha!

Trik Mengalahkan Sudoku level Hard: Tutorial Step by Step (bagian 1)

Buat yang sering main Sudoku di Kompas Klasika, pasti tahu bahwa sejak hari Senin sampai Minggu, tingkat kesulitan level semakin meningkat dengan hari Senin yang termudah, dan Minggu yang tersulit. Jadi untuk kasus hari Minggu, apakah kalian merasa Sudoku-nya sangat susah?

Kalau ya, berarti kalian perlu mengikuti series ini untuk tahu cara-cara menaklukkan Sudoku level Hard.

Saya ambil contoh Tantangan Sudoku Kompas Klasika edisi Minggu 19 Juni 2016. Berhubung kuota Skitch editor terbatas, jadi saya tidak bisa buat lebih dari 10 anotasi foto dalam sebulan (X___X) buat tutorial ini, jadi harap bersabar ya 🙂

Kita mulai.

Continue reading

My New Blue Bird: What’s New and How to

Sejak taksi Blue Bird jadi sasaran demonstrasi beberapa bulan yang lalu, mereka gencar melakukan sejumlah revolusi untuk mendengarkan keluhan pelanggan. Saya yakin sejak awal, bahwa Blue Bird tentu tidak mau tinggal diam menghadapi persaingan dari beberapa layanan sejenis, juga mengingat reputasi Blue Bird yang sudah begitu dikenal oleh warga Indonesia.

Salah satu keluhan pelanggan yang paling serius mereka tangani adalah soal aplikasi untuk pemesanan taksi secara daring (online). Aplikasi Blue Bird lama memang banyak dikeluhkan pelanggan, hingga sejumlah pelanggan pun sempat berpaling ke layanan taksi lain yang aplikasinya, saat itu, sudah lebih canggih. Katanya, sekarang di aplikasi ini kita sudah bisa membayar dengan kartu kredit, memperkirakan tarif taksi sebelum kita berangkat, memeriksa keberadaan sopir lengkap dengan jarak dan perkiraan waktu kedatangannya. Nah, seperti apakah aplikasi baru bertajuk My Blue Bird yang belum lama ini di-launch? Benarkah semua fitur itu ada? Mari kita lihat bersama.

Continue reading

Belajar informasi nilai gizi (bagian 1): Menghitung Kalori

Sebel mau diet kok rasanya susah?

Rasanya cuma makan sedikit tapi kok kalorinya bejibun?

Kok ada snack yang mengklaim diri rendah kalori dan tidak bikin gendut?

Di sini saya mau ngomongin cara memanfaatkan informasi nilai gizi yang suka ada di kemasan makanan. Kalau kita beli makanan dalam kemasan, misalnya Chiki, Oreo, Indomie, NutriSari, atau Soyjoy (empunya merk yang saya sebut harap jangan ge-er. Saya sengaja), pasti ada yang namanya Informasi Nilai Gizi. Atau bahasa Inggrisnya, Nutritional Information. Tapi mungkin masih ada di antara kalian yang bingung bagaimana cara membacanya. Nah, yuk sama-sama belajar cara menerjemahkan informasi nilai gizi

Di episode pertama ini, kita akan ngomongin Kalori. Pengetahuan wajib nih buat yang mau diet atau mau nambah berat badan! Yuk disimak…

Continue reading

Mana yang lebih mahal: Uber, GrabCar, GoCar, atau Blue Bird?

Berhubung sekarang taksi-taksi ini lagi pada perang tarif, saya coba bikin perbandingan tarif dan tabel Excel untuk menghitung estimasi ongkos berbagai jenis layanan taksi.

Langsung saja tidak perlu banyak basa-basi ya.

Kita mulai dari perbandingan dahulu. Gambar di bawah ini memperlihatkan bagaimana perbandingan rincian tarif antara empat jenis layanan taksi, plus Blue Bird. Mengapa hanya Blue Bird yang mewakili layanan taksi regular, alasannya adalah karena hanya data Blue Bird-lah yang berhasil saya dapatkan dan jajal sendiri, sementara saya sendiri belum mencoba taksi regular jenis lainnya, setelah demo angkutan di akhir Maret lalu.

Continue reading

Semoga Cepat Sembuh

Semoga cepat sembuh,

…dari sakitmu.

Tak ada yang ingin sakit.

Jatuh terbelenggu tanpa daya.

Terpaksa kaurelakan hari ini.

Tak mencari berlian selagi matahari masih tinggi.

…dari kebimbanganmu.

Tak ada yang ingin sakit.

Kelelahan selepas semalam belum hilang.

Tak cukup, takkan cukup.

Jika ada dua, mengapa harus satu?

Tapi kau tak sadari,

…mungkin kau tak sanggup mendua.

…dari kegalauanmu.

Benih khianat mungkin.

Atau pikiran duniawi yang berkuasa.

Dalih mencari, belum ada, mencari lagi.

Kendati kau tahu, manusia takkan puas.

…dari ilusimu.

Kemarin hari Minggu.

Pesta semalam indah.

Seindah apa yang kau bisa bayangkan,

…hingga kau lupa menghidupkan alarm.

…dari kegilaanmu.

Alasan lain demikian fiktif.

Masalah?

Bukan masalah?

Hanya kau yang tahu.

Aku tak berhak.

Bukan siapa-siapamu.

Selain hubungan kita di sini, aku bukan siapa-siapamu.

Tak perlulah kau selalu jujur,

pada siapa yang bukan siapa-siapa.

…atau dari kebohonganmu.

Bukan tubuhmu yang sakit.

Gemar berbohong juga penyakit.

Keberhasilanmu mendua,

Keberhasilanmu melompat,

Keberhasilanmu mengelabui,

…bukan obat biasa yang menawarnya.

Entah apa.

Aku bukanlah si mahatahu segalanya.

Entah kapan kau akan sembuh.

Hanya Dia yang Maha Tahu.

Karena itu,

Aku, manusia ini, hanya bisa bilang,

Semoga cepat sembuh.

[Catatan: Puisi ini sebagaimana dimuat di akun Qureta saya, 24 April 2016. Linknya ada di sini]

Continue reading

Uber: Perihal Surge Fare

Pada sore hari Kamis, 14 April 2016; para pengguna Uber menyaksikan keparahan tingkat surge fare ketika memesan Uber yang agak-agak tidak biasanya. Jika biasanya surge fare bisa melonjak hingga 2,4 sampai dengan 3,0 terjadi di hari Jumat sore pada jam pulang kerja, mengapa justru surge fare yang menembus angka 4 bisa terjadi di hari Kamis sore?

uber

Saya sudah pernah membahas soal Surge Fare di postingan Uber: Perbandingan, Persepsi, dan Testimoni (bagian 1), tetapi setelah saya baca ulang dan kaitkan dengan kejadian 14 April 2016, rasanya postingan tersebut masih banyak kekurangannya.

Saya akan bahas lebih lanjut lagi soal Surge Fare.

Continue reading