FAQ

Kapan blog ini berdiri?

Selasa, 13 Desember 2014.

Apakah triskaidekaman.com dengan forskelvirta.wordpress.com itu sama?

Yoi. Tadinya, blog ini bernama forskelvirta.wordpress.com.

Maaf masih kepo. Kalau dengan forskelvirta.blogspot.com? Itu sama juga?

Iya, sama. Saya sempat galau pindah ke platform blog lain, ternyata sekian bulan kemudian balik lagilah saya ke WordPress karena saya tak bisa ke lain hati, sampai sekarang.

Kalau dengan exploreadme.wordpress.com? Kok isinya mirip-mirip blog ini?

Kalau diperhatikan sebetulnya beda. Exploreadme adalah semacam homebase khusus resensi buku yang pernah saya buat. Sementara triskaidekaman.com ini isinya tidak hanya buku, tapi juga ada catatan jalan-jalan, resensi film, proyek menulis, dan sebagainya. Barangkali ke depannya triskaidekaman.com tidak lagi memuat postingan soal buku. Tetapi untuk sementara waktu saya masih ngepost tentang resensi buku di keduanya, baik di triskaidekaman.com maupun exploreadme.wordpress.com.

Oh, baiklah. Kalau begitu, blog ini isinya apaan ya?

Awalnya saya membuat blog ini dengan tujuan sebagai wadah hobi menulis resensi film dan buku. Lalu saya berubah pikiran dan menjadikannya wadah catatan hasil jalan-jalan.

Seiring perjalanan waktu saya malah memfungsikan blog ini jadi blog gado-gado karena tidak bisa memantapkan hati dengan satu bidang saja. Saat ini saya mengedepankan lima kategori konten: Ada travel notes, ada film review, ada book review, ada juga postingan yang bukan-bukan, dan terakhir ada juga proyek menulis-nya saya.

Tapi yang pasti: Tidak akan ada postingan tentang urusan pribadi, sampai kapanpun.

Apa sih artinya “triskaidekaman”?

Itu nama “panggung” saya. Saya pakai juga buat nama domain website ini. Istilah yang saya bikin-bikin sendiri ini berasal dari gabungan dua kata: triskaideka, bahasa Yunani untuk angka “13”; dan -man, bahasa Inggris lazim untuk orang atau manusia.

Ini logonya:

Screen Shot 2016-02-13 at 21.27.20

Heh, kok milihnya angka 13?

Alasan saya memilih angka 13 bukan karena ini angka sial. Tetapi adalah murni gara-gara numerologi: Masyarakat biasanya menganggap angka ini sebagai angka yang kurang bagus, padahal bersama dengan 7 dan 11, dua angka yang sering dianggap angka keberuntungan, mereka bertiga membentuk angka 1001 apabila dikalikan bersama.

Sebentar, gambar background-nya kok lucu?

CbSLw0zXEAAvGDI.png_large

Saya mengambil foto ini dari postingan akun Goodreads di Twitter (@goodreads), 16 Februari 2016. Saat itu mereka mengepost gambar kartun ini, dengan caption “beginilah kalau kutubuku pergi jalan-jalan”. Berhubung blog saya isinya ada bukunya dan ada jalan-jalannya, jadi saya pikir pas deh fotonya.

Buatkan artikel tentang X dong.

Untuk inquiries semacam itu mohon e-mailkan saja ke triskaidekaman@yahoo.com ya. Terima kasih.