30 Days of Writing Challenge – day 9

Katanya hari ini temanya “post about your zodiac sign and whether or not it fits you“. Oke. Pemilik blog ini bilang, challenge accepted. Tapi syaratnya, aku yang nulisin buat dia. Ya, oke, oke…

Sebagai pembukaan, zodiac sign yang punya blog ini adalah…

Zodiak apa itu? Oi, apa gunanya Google?

Nah. Pertanyaannya, apakah ramalan dan karakterisasi yang selama ini ada di mana-mana, cocok apa enggak sih sama ciri-cirinya dia?

Setelah kutanyai si pemilik blog ini, jawabannya: Enggak terlalu. Hahahaha…

Lho?

Jadi begini. ‘Kan karakteristik manusia tuh ada macam-macam kriterianya. Ada yang bilang faktor golongan darah, faktor urutan lahir, faktor tahun kelahiran atau faktor shio, dan banyak lagi. Belum lagi keterlibatan faktor-faktor non-klenik seperti faktor lingkungan, didikan orang tua, didikan sekolah, lingkungan pergaulan. Sampai faktor yang ajaib-ajaib lagi, seperti jenis musik kesukaan, film kesukaan … kacau deh, banyak banget. Itu semua berpengaruh ke pembentukan karakter manusia. Jadi menurutku, karakter manusia ditentukan sebagian besar oleh faktor non-klenik, dan faktor non-klenik menjadi faktor pendukungnya.

Mengapa ada orang yang karakternya “zodiak anu banget“? Bisa jadi karena orang tersebut sudah membaca ramalan zodiak sendiri dan meyakininya banget, sampai masuk mimpi, masuk alam bawah sadar, lantas segala tindakannya disesuaikan dengan zodiaknya. Kemungkinan kedua, ya karena memang kebetulan.

Hm… daripada bahas soal klenik versus non-klenik, coba buka borok sendiri dulu. Ini nih, katanya, karakter zodiak yang tadi, menurut [website ini].

Strengths: Reliable, patient, practical, devoted, responsible, stable
Weaknesses: Stubborn, possessive, uncompromising
Likes: Gardening, cooking, music, romance, high quality clothes, working with hands
Dislikes: Sudden changes, complications, insecurity of any kind, synthetic fabrics

Karena zodiak ini adalah elemen tanah yang fixed, maka konon orang-orangnya bisa diandalkan, stabil, menyukai keindahan, dan menyukai sentuhan – baik oleh orang lain, maupun oleh diri sendiri.

Yang kuberi garis bawah, itu traits yang sepertinya cocok dengan dia. Seenggaknya, yang bisa kulihat sih begitu. Selebihnya, silakan tanya ke rumput yang bergoyang. Bisa dilihat, yang cocok cuma berapa persen?

Rinciannya begini. Meskipun biasanya dia bisa diandalkan, pemilik blog ini adalah orang yang tidak sabaran. Suka hal-hal rumit, makin rumit makin sip deh pokoknya. Cuma susah nih, orangnya suka berubah-ubah. Sebentar maunya ini, eh sebentar kemudian, maunya udah berubah lagi. Soal selera, jangan tanya deh. Meskipun mungkin terlihat suka benda-benda wah, sebetulnya dia lebih mementingkan kenyamanan daripada faktor-faktor yang lainnya (mungkin, kain sintetik termasuk). Enggak suka berkebun, apalagi memasak? Memasak mi instan saja sudah prestasi.

Kalau enggak cocok, terus gimana dong? Mari kita coba cari jalan tikus.

Kata website dan textbook astrologi, kalau zodiak tidak cocok dengan karakteristik seseorang, coba cek dua parameter lain: Zodiak tetangga terdekat, lalu cek juga lunar zodiac (moon sign)-nya.

  1. Zodiak tetangga terdekat terutama perlu dicek jika tanggal lahir berdekatan dengan pergantian zodiak (baca: Cusp). Misalnya kamu kelahiran 23 September. Itu zodiak apa coba?
  2. Sementara lunar zodiac adalah zodiak yang ditentukan berdasarkan posisi bulan di hari dan jam kita lahir.

Oke, coba kita cek si tetangga. Kamu mau cek tetanggamu juga? Coba lihat [tautan ini].

Daripada ngeliat yang analisisnya udah campuran begitu, si pemilik blog bilang lebih baik lihat analisis ketengannya saja. Ya udah, diturutin. Ini analisis zodiaknya tetangga, kalau begitu:

Strengths: Gentle, affectionate, curious, adaptable, ability to learn quickly and exchange ideas
Weaknesses: Nervous, inconsistent, indecisive

Likes: Music, books, magazines, chats with nearly anyone, short trips around the town
Dislikes: Being alone, being confined, repetition and routine

Singkat kata: Aduh, sudahlah. Ini lebih tidak cocok lagi.

Terus, bagaimana dengan moon sign? Sini, kujelaskan.

Kata textbook lagi, rupanya sifat-sifat seseorang yang terkait dengan emosinya bisa dipengaruhi oleh lunar zodiac-nya itu. Entah komprehensiku benar atau tidak, sepertinya zodiak asli menggambarkan karakteristik seseorang, sementara lunar zodiac menggambarkan ciri reaksi emosional seseorang.

Untuk tahu apa moon sign-mu, kamu butuh informasi tanggal lahir, jam lahir, dan zona waktu di mana kamu lahir. Masukkan di [tautan ini]. Misalnya, post ini dibikin di tanggal 11 September 2016, jam 3.40 PM, zona waktu GMT +7. Moon sign-nya Capricorn (kata mesin itu).

Kalau moon sign-nya si pemilik blog ini, beginilah analisisnya:

Strengths: Responsible, disciplined, self-control, good managers
Weaknesses: Know-it-all, unforgiving, condescending, expecting the worst
Likes: Family, tradition, music, understated status, quality craftsmanship
Dislikes: Almost everything at some point

Nah, ini lebih mendingan. Lumayan banyak yang cocok. Si pemilik blog ini termasuk orang yang susah dihentikan kalau udah jelas maunya. Dia juga sangat berdisiplin untuk mencapai tujuan yang dia mau, bisa mengantisipasi banyak hal, dan lebih menyukai posisi di mana dia kurang dianggap atau diremehkan. Selain itu, dia juga banyak komplain-nya. Hihi.

Rupanya, menurut pengakuannya, ada anggota forum menulis yang pernah coba menebak zodiak si pemilik blog ini berdasarkan gaya menulisnya, dan jawaban rekan tersebut -sebetulnya- benar, tapi untuk moon sign-nya. Begitu ditebak begitu, si pemilik blog langsung buka [tautan ini], dan kebingungan sendiri mana yang sebetulnya lebih mirip ke dia. Mungkin dia butuh pendapat orang lain, atau orang pintar lain, lebih tepatnya. Yang jelas, aku enggak bisa bantu dia saat itu.

Ah, sudahlah, jadi mumet.

Baik. Jadi sudah terjawab pertanyaannya, ya. Terima kasih udah membaca analisis pendek yang rada gila ini. Semoga yang baca pusing, supaya analisis ngaco ini tidak bisa direplikasi. Hidup klenik!

Advertisements

31 thoughts on “30 Days of Writing Challenge – day 9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s