Trik Mengalahkan Sudoku level Hard: Tutorial Step by Step (bagian 1)

Buat yang sering main Sudoku di Kompas Klasika, pasti tahu bahwa sejak hari Senin sampai Minggu, tingkat kesulitan level semakin meningkat dengan hari Senin yang termudah, dan Minggu yang tersulit. Jadi untuk kasus hari Minggu, apakah kalian merasa Sudoku-nya sangat susah?

Kalau ya, berarti kalian perlu mengikuti series ini untuk tahu cara-cara menaklukkan Sudoku level Hard.

Saya ambil contoh Tantangan Sudoku Kompas Klasika edisi Minggu 19 Juni 2016. Berhubung kuota Skitch editor terbatas, jadi saya tidak bisa buat lebih dari 10 anotasi foto dalam sebulan (X___X) buat tutorial ini, jadi harap bersabar ya 🙂

Kita mulai.

Ini adalah tampilan Tantangan Sudoku Kompas Klasika Minggu 19 Juni 2016, yang belum diisi sama sekali (atau kita bisa menyebutnya: Template). Bisa dilihat bahwa tingkat kesulitan Sudoku ini adalah Hard (bintang 5, di sudut kiri bawah puzzle).

step-0-in the beginning

Buat yang masih bingung harus ngapain di Sudoku, inilah inti permainannya secara singkat.

  1. Kita harus menaruh angka 1 sampai 9 masing-masing 1 kali, tidak boleh berulang, dalam satu bujursangkar kecil.
  2. Kita juga harus menaruh angka 1 sampai 9 masing-masing 1 kali, tidak boleh berulang, dalam satu baris dari ujung kiri sampai ujung kanan.
  3. Kita juga harus menaruh angka 1 sampai 9 masing-masing 1 kali, tidak boleh berulang, dalam satu kolom dari ujung atas sampai ujung bawah.

Hanya tiga itu aturan mainnya. Bagaimana caranya supaya angka-angka itu tidak menabrak satu sama lain? Di sinilah kita perlu improvisasi.

Ingat bahwa dua taktik terpenting dalam permainan Sudoku, seperti yang pernah saya bahas di slide Steller saya, adalah Eliminasi lokasi dan Clustering.

Eliminasi lokasi adalah menyingkirkan peluang letak suatu angka berdasarkan angka yang terletak di kelompok grid 3×3 yang sebaris atau sekolom. Eliminasi lokasi adalah metode yang nyaris selalu dipakai di langkah pembukaan setiap permainan Sudoku, juga sekaligus metode yang paling dominan dipakai selama bermain Sudoku. Ada banyak variasi tekniknya seperti scissoring, imaginary elimination, double-level imaginary elimination (ini nih yang agak susah), dan sebagainya. Dengan hanya mengandalkan eliminasi lokasi, kita bisa menyelesaikan teka-teki Sudoku level mudah, tapi tidak bisa untuk level sulit; karena level sulit juga membutuhkan Clustering.

Sedangkan Clustering adalah menyingkirkan peluang letak suatu angka berdasarkan angka apa saja yang sudah muncul dalam satu kelompok grid 3×3 yang sedang kita target. Clustering jarang dipakai secara tunggal sepanjang permainan, tetapi cukup sering clustering ini justru amat membantu proses eliminasi.

Jadi, di level Hard, kedua teknik ini tidak untuk dipakai sendiri-sendiri, melainkan harus dikombinasikan. Beda cerita kalau level Easy, di mana Eliminasi saja cukup untuk mengatasi seluruh lapangan permainan Sudoku yang bersangkutan.

Kembali ke soal kita tadi. Berikut saya gambarkan cara-cara penyelesaiannya.

Step 0: Mari kita lihat

Umumnya di permainan level Hard, kita cenderung akan mencari sebanyak mungkin eliminasi yang bisa dilakukan di tahap awal permainan. Demikian pula dengan permainan yang akan saya contohkan ini. Adapun ciri angka yang memungkinkan buat dieliminasi, adalah angka yang frekuensi munculnya cukup banyak di template ketika soal belum dikerjakan sama sekali, ketika dibandingkan dengan angka lainnya.

Perhatikan: Bandingkan frekuensi kemunculan ini dengan angka-angka lainnya. Di level Easy, tak jarang satu angka bisa muncul sampai 5-6 kali. Maka angka yang cuma muncul tiga kali dianggap sedikit. Tapi di level Hard, bisa melihat satu angka muncul empat kali saja sudah anugerah sekali. Makanya angka yang muncul tiga kali sudah bisa dibilang sering muncul. Jadi ingat: Frekuensi itu relatif, tergantung frekuensi angka-angka lainnya.

Tapi, tak jarang juga (namanya juga Sudoku Hard), kadang ada satu angka tertentu yang tak muncul sama sekali di template. Jelas angka itu tidak bisa dijadikan modal eliminasi awal, tetapi barangkali angka itu cocok untuk clustering di pertengahan dan akhir permainan. Jika kita menghadapi Sudoku Hard seperti itu, jangan panik. Intinya, fokus saja dulu ke angka yang ada, dan sedapatnya, gunakan angka yang sering muncul di template itu sebagai modal eliminasi.

step-0-in the beginning

Untuk tantangan sudoku yang saya ambilkan ini, angka yang bisa kita coba eliminasi lokasi di awal adalah 1, 4, 5, 7, atau 8, yang masing-masing muncul sebanyak 3 kali di template. Angka 2 dan 9 masing-masing hanya muncul 2 kali, sementara angka 3 dan 6 hanya 1 kali. Rasanya bukan pilihan yang bagus untuk memulai eliminasi lokasi.

Step 1: Eliminasi lokasi angka 1

Eliminasi dilakukan dengan melihat grid 3×3 yang sebaris atau sekolom. Sebagai contoh, saya ingin mengetahui letak-letak angka 1 lewat eliminasi. Grid kiri atas sudah punya angka 1, dan grid kiri bawah juga sudah punya angka 1. Dengan demikian, kita bisa langsung mengisikan angka 1 di posisi panah biru.

Mengapa? Sebetulnya angka 1 bisa juga diletakkan di tempat lain, tapi tempat itu sudah diisi angka 8 dan angka 4 yang memang sudah tercetak dari sananya. Berarti satu-satunya tempat tersisa, ya tempat yang dipanah biru itu saja.

step-1-elimination_of_1

Step 2-3: Eliminasi lokasi angka 7

Dengan cara yang sama, mari kita eliminasi angka 7. Grid tengah atas dan grid tengah bawah sama-sama punya angka 7. Dengan eliminasi, kita tahu bahwa angka 7 di grid sentral harus diletakkan di kolom tengah. Tetapi karena ada angka 7 lain di grid kanan tengah, dan sudah ada angka 9 di grid sentral, maka dengan eliminasi akan tersisa satu titik: Lokasi yang diberi panah biru.

step-2-elimination_of_7

 

Dengan munculnya angka 7 yang baru saja kita tuliskan, maka angka 7 di grid kiri tengah bisa diletakkan di lokasi berpanah biru, juga berkat prosedur eliminasi.

step-3-elimination_of_7

Step 4: Eliminasi lokasi angka 8

Kali ini kita mencoba eliminasi lokasi angka 8. Coba perhatikan caranya.

step-4-elimination_of_8

Step 5-6: Eliminasi lokasi angka 5

Ternyata masih ada angka 5 yang bisa dieliminasi dan ditetapkan lokasinya. Mari lihat grid 3×3 di kanan atas.

step-5-elimination_of_5

Selanjutnya kita ke grid tengah atas, cukup mudah karena kita tinggal meniru metode eliminasi lokasi angka yang mirip dengan step 1.

step-6-elimination of 5

 

Step 7: Eliminasi lokasi angka 1 – imaginary elimination

Imaginary elimination adalah eliminasi lokasi yang tidak memerlukan kehadiran suatu angka, namun kita sudah tahu secara spesifik di kolom atau baris mana angka tersebut berada, dengan melihat kemunculan angka-angka lain.

Seperti di gambar ini, yang saya beri garis hijau. Angka 1 di grid sentral sudah pasti terletak di kolom tersebut, karena kolom satunya sudah penuh. Otomatis, angka 1 di grid tengah bawah akan terletak di kolom tengah grid. Lihat juga, ada angka 1 di grid kiri bawah dan kanan bawah. Sehingga dengan eliminasi sederhana kita bisa mendapatkan lokasi angka 1 di grid tengah bawah, yaitu di titik tengah persegi.

step-7-imaginary elimination of 1

 

Step 8: Eliminasi lokasi angka 5 – scissoring

Coba lihat posisi angka 5 di grid kiri atas dan kanan tengah, serta angka-angka yang sudah ada di grid kiri tengah. Panah biru menunjukkan satu-satunya lokasi tersisa yang mungkin ditempati angka 5. Metode semacam ini bisa disebut scissoring, karena bentuk perpotongan garis larangan kolom dan larangan baris-nya mirip gunting kalau dilihat dari samping.

step-8-scissoring elimination of 5

 

Step 9-10: Eliminasi angka 4

Selanjutnya kita coba latihan mengeliminasi angka 4. Buat yang masih bingung, coba lihat urut-urutan gambar berikut dan coba simak kembali pola logikanya.

step-10-scissoring elimination of 4

step-9-scissoring elimination of 4

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah tidak bingung dong kenapa bisa muncul angka 4 di sudut kiri atas dari grid kiri atas?

IMG_8108

Bagaimana sejauh ini, cukup mudah bukan?

Eh tapi… Perjalanan masih panjang… Saya mencatat saya butuh 58 langkah untuk menyelesaikan Sudoku ini, yang berarti masih ada 48 langkah lagi setelah ini!

Salah satu bagian tersulit dari Sudoku versi Hard adalah setelah eliminasi selesai, kita bingung mau ngapain? Jangan khawatir, persoalan ini akan kita bahas di bagian berikutnya nanti.

OK, sampai di sini dulu, kapan-kapan kita lanjut ya dengan bagian kedua dari cerita Sudoku Hard ini.

 

Advertisements

4 thoughts on “Trik Mengalahkan Sudoku level Hard: Tutorial Step by Step (bagian 1)

  1. Aku suka maiiiin hehe tp gimanapun juga emang enak main di buku sudoku atau di koran gitu sih drpd di gadget ya (eh malah curcol) :v wah semangat nyeleseinnya, kak 🙂

    Liked by 1 person

  2. level 5 atau hard kok kayak level 3 ya, banyak yang terisi. ada yang lebih parah lagi ga bos yang susah…thanks
    ane ga paham ni yang step 7, kenapa dibuat garis hijau, alasanya apa ya???

    thanks…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s