My New Blue Bird: What’s New and How to

Sejak taksi Blue Bird jadi sasaran demonstrasi beberapa bulan yang lalu, mereka gencar melakukan sejumlah revolusi untuk mendengarkan keluhan pelanggan. Saya yakin sejak awal, bahwa Blue Bird tentu tidak mau tinggal diam menghadapi persaingan dari beberapa layanan sejenis, juga mengingat reputasi Blue Bird yang sudah begitu dikenal oleh warga Indonesia.

Salah satu keluhan pelanggan yang paling serius mereka tangani adalah soal aplikasi untuk pemesanan taksi secara daring (online). Aplikasi Blue Bird lama memang banyak dikeluhkan pelanggan, hingga sejumlah pelanggan pun sempat berpaling ke layanan taksi lain yang aplikasinya, saat itu, sudah lebih canggih. Katanya, sekarang di aplikasi ini kita sudah bisa membayar dengan kartu kredit, memperkirakan tarif taksi sebelum kita berangkat, memeriksa keberadaan sopir lengkap dengan jarak dan perkiraan waktu kedatangannya. Nah, seperti apakah aplikasi baru bertajuk My Blue Bird yang belum lama ini di-launch? Benarkah semua fitur itu ada? Mari kita lihat bersama.

Aplikasi My Blue Bird versi baru di iOS

Kalau dulu aplikasi Blue Bird memiliki logo burung biru dengan latar belah ketupat bersudut bulat berdasar putih dan dikelilingi warna biru tua, kini sang burung biru tampil beda dengan logo barunya yang memiliki warna biru dengan gradasi yang lebih cerah. Tajuknya pun diganti dari “Blue Bird Group Taxi Mobile Reservation” menjadi “My Blue Bird”. Kehadiran My Blue Bird ini ditandai dengan launching versi 3.0.0 yang memasuki iOS AppStore pada tanggal 18 Mei 2016 yang lalu (berhubung saya pemakai iOS, jadi saya tidak tahu situasi dan kondisi di OS Android. Tapi kalau saya tidak keliru, Android sudah mendapatkan aplikasi ini terlebih dahulu daripada iOS).

bluebird-0

Karena logonya pun baru, tentu saya berekspektasi cukup tinggi dengan aplikasi baru ini. Apakah benar sudah secanggih aplikasi para kompetitornya?

Untuk mengakses aplikasi My Blue Bird, pelanggan cukup mendaftarkan alamat e-mail dan nomor telepon. Untuk yang sudah punya akun di aplikasi Blue Bird lama, tinggal login saja dengan alamat e-mail dan/atau nomor telepon yang sudah didaftarkan

Mari kita lihat fitur apa saja yang bisa kita pakai.

 

Fitur Profil di My New Blue Bird

Sewaktu masuk ke aplikasi ini, kita bakal disambut dengan kesan burung biru yang lebih cerah dan eksklusif. Avatar default-nya juga cukup imut dan sedikit lucu. Saya jadi malas mengganti avatar hanya demi menyaksikan gambar lucu muncul di foto profil saya.

Saat saya membuka tab profil, bisa dilihat bahwa ada tiga tab:

  1. Booking: Menunjukkan status booking-an taksi kita yang sedang aktif. Kalau kita tidak sedang memesan dan menunggu taksi Blue Bird, maka bagian ini akan kosong dan muncul tulisan “You do not have any active bookings”.
  2. Payment: Metode pembayaran. Di versi iOS saat ini, metode pembayaran yang didukung hanya dua, yaitu Cash (tunai) dan e-voucher. Pembayaran dengan kartu kredit belum bisa.
  3. History: Berisi riwayat perjalanan yang pernah kita lakukan dengan pemesanan via aplikasi ini. Di aplikasi saya, terlihat bahwa sejak My Blue Bird mengudara, saya sudah pernah sekali menggunakan layanan ini.

bluebird-1

Selesai melihat-lihat profil, sekarang kita menuju layar utama yang merupakan tempat kita melakukan pemesanan taksi.

 

Halaman Utama Aplikasi My Blue Bird

Inilah tampilan halaman utama aplikasi My Blue Bird. Alamat pickup default langsung diarahkan sesuai geolocation kita saat membuka halaman utama tersebut.

bluebird-2

Lihat panel yang terletak tepat di bawah judul, yang bertuliskan Home, Office 1, Office 4, dan Office 5? Itu adalah alamat-alamat utama yang kita pilih, di antara sejumlah alamat yang bisa kita masukkan. Kita boleh memasukkan banyak alamat, namun kita cuma bisa memilih empat di antaranya untuk dijadikan bookmark.

Terakhir, kalian juga bisa memilih jenis mobil! Lihat gambar taksi di kiri bawah layar halaman utama. Jika diklik, akan muncul drop-up menu seperti gambar di bawah ini. Ini sebetulnya adalah fitur bawaan dari aplikasi lama, hanya saja seiring perkembangan zaman di mana taksi berbentuk van, baik Blue Bird maupun Silver Bird, sudah marak; maka opsi untuk memilih mobil-mobil khusus ini pun sudah tersedia.

 

bluebird-12

Sekarang waktunya kita mencoba memesan taksi.

 

Memesan Taksi dengan My Blue Bird

Anggap saja sekarang saya ingin memesan taksi dari Wisma Slipi menuju Talaga Sampireun Lingkar Luar Barat.

Saya masuk ke tab Pick Up dan mengetikkan Wisma Slipi. Klik pada alamat yang diinginkan, lalu klik Next.

bluebird-3

bluebird-4

Setelah klik Next, akan muncul tab Drop Off. Di sini kita bakal diminta untuk mengisikan alamat tujuan. Saya klik dan ketikkan Talaga Sampireun. Selanjutnya klik pada alamat yang diinginkan, dan akan muncul layar berikutnya.

bluebird-5

bluebird-6

bluebird-7

Nah, langsung muncul yang distabilo hijau: Estimated cost: 53K – 61K IDR.

Berarti aplikasi ini sudah bisa memperkirakan bahwa ongkos jalan kita adalah Rp 53.000-Rp 61.000.

Apakah biaya ini bakal berubah dengan surcharge atau surge rate di jam-jam tertentu? Tentu saja tidak ada. Sementara layanan lain ada yang sudah sibuk memberlakukan surcharge gila-gilaan, tenang saja, Blue Bird tetap menyajikan skema tarif yang lebih kurang sama dengan skema tarif sebelumnya – hanya saja mungkin besar tarifnya yang berubah. Tentunya tanpa surcharge.

Kalau ingin memesan taksi untuk nanti atau untuk besok pagi, apakah bisa?

Tentu saja bisa. Pilih saja opsi Pickup Later seperti gambar di bawah ini. Dan canggihnya, sekarang pemesanan taksi Blue Bird tidak harus dilakukan di waktu dengan angka menit kelipatan 5 seperti dulu. Mau di jam 22.57 misalnya? Bisa…

bluebird-8

Bahkan, pemesanan taksi hingga dua hari ke depan pun, masih bisa kita lakukan. Bagi pengguna aplikasi Blue Bird generasi lama, fitur ini sudah ada, dan praktis menjadi keunggulan penting buat Blue Bird jika dibandingkan dengan para kompetitornya.

bluebird-9

Sekarang kita lihat tombol-tombol yang ada di bawah layar utama, sebelum melakukan pemesanan taksi.

bluebird-10

Ada Add pickup instructions for driver yang tujuannya adalah untuk memberikan catatan tambahan buat sopir untuk mempermudah penjemputan. Biasanya bagian ini berisi petunjuk jalan atau marka tertentu di peta. Tetapi awas, kita tidak bisa memberikan instruksi terlalu panjang di sini.

Bagaimana dengan tulisan Cash yang diberi panah oranye pada foto di atas? Itu menunjukkan metode pembayaran. Entah bagaimana di iOS sampai sekarang hanya fitur Cash yang aktif, sementara fitur lain tidak aktif, dan tidak bisa juga diaktifkan karena tidak ada menu untuk memasukkan info kartu kredit dan sejenisnya.

bluebird-11

Fitur-fitur Baru My Blue Bird

Saat ini sudah ada beberapa fitur baru di aplikasi My Blue Bird.

Misalnya Multiple Booking, yang memungkinkan kita membuat booking terhadap lebih dari satu taksi sekaligus.

Juga sudah ada Driver Rating, di mana kita bisa memberikan rating untuk sopir yang kita tumpangi taksinya. Satu bintang untuk buruk hingga lima untuk sangat baik.

Sudah selesai turun dari taksi? Kita bakal menerima e-receipt atau struk elektronik, langsung dikirimkan ke alamat e-mail kita!

Sebetulnya masih ada beberapa fitur lain, seperti mendeteksi jumlah taksi di titik penjemputan (see nearby taxi) dan share journey namun saya belum menjajalnya, sehingga belum dapat berkomentar. Tapi yang jelas, jika aplikasi sudah bisa mendeteksi taksi-taksi lain di titik penjemputan, plus kita bisa membagikan detail perjalanan kita ke orang terdekat, tentu ini akan sangat membantu, terutama buat yang sering bepergian sendiri seperti saya đŸ™‚

Kelemahan

Meskipun sudah diperlengkapi dengan beberapa fitur canggih yang berhasil membuat aplikasi My Blue Bird menjadi tampak revolusioner ketimbang versi lamanya, tentu masih ada kelemahan yang berkenaan dengan sistem aplikasi ini.

Berikut sejumlah kelemahan yang berhasil saya temukan.

  1. [SOLVED] Versi 3.0.0 sempat diwarnai masalah susahnya memesan taksi dari tempat dengan sinyal kurang baik. Sinyal harus sangat kuat barulah kita bisa memesan. Saya pun sampai mengalami hal ini beberapa kali. Tetapi kemudian di versi yang lebih baru, yaitu 3.0.2 hingga 3.0.3, masalah ini sudah hilang. Sehingga sekarang ini pun bukan masalah lagi.
  2. Tidak ada tombol Help. Jika kita menghadapi kesulitan terkait pemesanan taksi, entah apa yang harus kita lakukan selain menghubungi 021-7917 1234. Rasanya, tombol Help ini harus diadakan di masa mendatang. Atau, setidaknya tombol Report.
  3. Tidak ada peraturan tentang Tip, dan sopir pun cenderung belum peduli dengan hal ini. Setelah menggunakan aplikasi My Blue Bird ini, saya pernah sengaja melebihkan uang yang dibayarkan kepada sopir untuk mencoba memancing apakah sopirnya berinisiatif mengembalikan kelebihan uang tersebut. Ternyata tidak. Nah, mungkin kalau ada fitur Tip, kita bisa mengatur pemberian tip kepada sopir dengan lebih baik.
  4. Seiring ada sistem rating, mungkin perlu ada sistem punishment untuk sopir yang kurang bertanggung jawab. Misalnya sopir yang enggan menjemput namun mengklik tombol tertentu sehingga seolah-olah order sudah selesai, atau sopir yang mendadak menghilang di perjalanan menjemput kita. Selama ini, punishment selalu dilakukan manual, hanya berdasarkan laporan pelanggan dan persidangan kecil yang dilakukan oleh pool. Dengan adanya sistem rating, seharusnya masalah keluhan pelanggan ini jadi sedikit lebih objektif.

Sejauh ini baru itu saja kelemahan yang saya deteksi. Semoga ke depannya, My Blue Bird bisa menjadi lebih baik lagi dan Blue Bird dapat tetap mempertahankan status premiumnya di dunia transportasi dan pertaksian Indonesia.

 

Disclaimer

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blue Bird Story Telling Competition dengan tema Lomba Bercerita #NewMyBlueBird. Lomba berhadiah total Rp 24 juta ini masih dibuka hingga tanggal 22 Juni 2016. Kalian ingin mengikuti lomba yang sama? Bisa klik link yang ada di bagian Disclaimer ini untuk melihat persyaratan lomba, registrasi identitas, dan mendaftarkan karya terbaik kalian. Semoga beruntung!

Advertisements

2 thoughts on “My New Blue Bird: What’s New and How to

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s