The Quiet Ones (2014)

Identitas Film

the-quiet-ones-poster

Censor rating: PG-13
Duration: 98 minutes
Language: English
Release date: April 25, 2014
Genre: Horror
IMDb rating: 5.1/10
Metacritic score: 41/100
Rotten Tomatoes Tomatometer: 36%
Director: John Pogue
Casts: Jared Harris, Sam Claflin, Olivia Cooke, Erin Richards, Rory Fleck-Byrne

Sinopsis Official

Something unspeakable is happening to Jane Harper.

A university professor and a team of students conduct an experiment on a young woman, uncovering terrifyingly dark, unexpected forces in the process.

Resensi

Film horor kacau itu banyak. Makin banyak malah. Sewaktu saya memutuskan mencoba film ini, saya bertanya kepada diri sendiri apakah The Quiet Ones (2014), film horor British yang mengadaptasi (secara bebas dari) kisah nyata soal eksperimen terhadap kasus berbau poltergeist dan parapsikologi, termasuk salah satu film yang memperpanjang daftar tersebut. Melihat ratingnya yang tidak bagus baik di IMDb, Metacritic, maupun Rotten Tomatoes, saya sudah cukup pesimis dari awal. Tapi toh tetap saya tonton juga karena penasaran šŸ™‚

Cerita yang diangkat film ini sebetulnya fiktif, namun cerita dibangun berdasarkan adaptasi Philip Experiment di Toronto, Canada, di dekade 1970-an. Cerita ini pun dibuat ber-setting tahun 1974, dan bermula dengan mengambil sudut pandang Brian (Sam Claflin). Brian adalah seorang mahasiswa yang memiliki hobi merekam berbagai kejadian dengan kamera video miliknya. Suatu hari ia mengikuti kelas Joseph Coupland, dengan harapan untuk memastikan bahwa kekuatan supranatural itu tidak ada. Coupland yang dikenal ngotot bahwa supranatural tidak ada, akhirnya berhasil meyakinkan Brian untuk menjadi seksi dokumentasi di tim investigasi yang dibuatnya diam-diam. Tak lama, ketika universitas memutuskan mencabut izin penelitian Coupland yang konon tidak beretika, Brian, beserta dua rekannya Krissi (Erin Richards) dan Harry (Rory Fleck-Byrne) pun mengikuti Coupland lantaran kadung penasaran dengan hasil eksperimen atas Jane Harper (Olivia Cooke). Jane Harper adalah seorang pasien psikiatri yang mengalami berbagai fenomena supranatural dan ditelantarkan dari sebuah rumah yatim piatu sejak ia berusia 18 tahun. Jane kerap mengalami kejadian buruk lewat energi negatif yang ia dapat dari Evey, yang berwujud sebuah boneka. Bagaimanakah nasib Jane dan tim Coupland selanjutnya?

Jika dilihat dari tema yang diangkat, film ini tidak terlalu beda jauh dengan beberapa film bertema supranatural yang mulai dipopulerkan di dekade 2000-an. Mungkin, kesan horor-nya lebih ditonjolkan oleh fakta bahwa seluruh anggota tim tinggal di daerah terpencil, dan setting 1970-an yang sedikit mengingatkan pada setting film The Conjuring (2013) dan Amityville Horror (2004). Tidak lebih dari itu. Berharap bakal melihat hantu-hantu bermuka seram seperti film-film besutan James Wan dan kawan-kawannya? Jangan, karena kalian bakal kecewa. Berharap seluruh karakter di film bakal mati? Kalian bakal kecewa juga. Wah…

Efek grafis yang disajikan film ini cukup membuat kaget di beberapa titik, namun tidak sampai membuat penonton terkencing-kencing atau terbawa-bawa mimpi. Adegan-adegan mencekam di tengah film hanya tampil saat Brian mencoba menyelidiki sendirian apa yang terjadi dengan Jane, baik dengan mengecek langsung lewat jendela atau lewat video rekamannya. Selebihnya, adegan seram dipusatkan di 15 menit terakhir film saja. Jadi, saya bisa mengatakan bahwa level keseraman film ini secara grafis, bisa dibilang tidak terlalu tinggi.

Kesimpulannya, buat saya film ini mengecewakan. Akting para bintangnya tidak bisa dibilang buruk, namun juga tidak benar-benar istimewa. Akhir cerita juga mudah ditebak (setidaknya tebakan saya benar). Penyebab lainnya, mungkin karena tema horor sudah jenuh. Mungkin juga karena pemilihan subtema horor, yaitu horor supranatural, yang semakin “lazim” di dunia film horor setelah adanya sekuel-sekuel Paranormal Activity.

Sekadar ingin menjajal film horor, silahkan dicoba. Tapi rasanya jangan berharap terlalu banyak.

My ratings

  • Story 6/10
  • Graphic 6/10
  • Audience grasp 5/10
  • Tagline association 6/10
  • Moral value 5/10
  • Personal IMDb rating 4/10
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s