The Hunt (2012)

Identitas Film

jagten-the hunt

Censor rating: R
Original title: Jagten
Duration: 115 minutes
Language: Danish, English
Release date: October 25, 2012
Genre: Drama
IMDb rating: 8.3/10 (IMDb top 250 ranking 116)
Metacritic Score: 76/100
Rotten Tomatoes Tomatometer: 94%
Director: Thomas Vinterberg
Casts: Mads Mikkelsen, Thomas Bo Larsen, Annika Wedderkopp, Alexandra Rapaport, Susse Wold, Lase Fogelstrøm

Sinopsis Official

A teacher lives a lonely life, all the while struggling over his son’s custody. His life slowly gets better as he finds love and receives good news from his son, but his new luck is about to be brutally shattered by an innocent little lie.

Resensi

Entah ini film Denmark keberapa yang saya pernah tonton, namun saya bisa katakan film ini berbeda dengan film Denmark pada umumnya (barangkali karena film Denmark yang saya tonton sebelumnya adalah kebanyakan film komedi dan bukan drama?). Tak heran film ini bisa menembus Festival Film Cannes dan terkenal dengan sejumlah penghargaan dan nominasi, kendati bahasa pengantar utamanya bukan Bahasa Inggris; dan tentu ada persaingan ketat dari film berbahasa Prancis atau Spanyol untuk sesama kategori foreign films.

Bicara soal tema, sebetulnya tema yang diangkat The Hunt (2012) ini sangat sederhana. Mengambil setting di daerah di Denmark yang jauh dari keramaian, ada sejumlah keluarga yang tergabung dalam close-knit community (seingat saya, komunitas semacam ini cukup umum di Denmark), sehingga setiap orang tua berteman akrab, setiap anak saling mengenal, dan setiap anak kenal orang tua rekannya dan sebaliknya juga demikian. Tokoh utama dalam film ini adalah seorang guru taman kanak-kanak bernama Lucas, yang diperankan Mads Mikkelsen (jangan kaget melihat Mikkelsen yang bertampang antagonis malah jadi protagonis di film ini!).

Ceritanya adalah pada suatu hari, ada salah seorang dari anak TK yang mengatakan bahwa Lucas melakukan perbuatan tidak senonoh dengannya. Ungkapan ini disampaikan dengan sedemikian meyakinkannya, sehingga kepala sekolah, guru TK yang lain, dan semua anggota komunitas percaya bahwa Lucas telah memperkosa anak ini. Padahal, di luar urusannya sebagai guru, Lucas tengah mengalami masalah dengan rumah tangganya, dan khususnya dengan anak laki-lakinya yang diasuh oleh sang ibu. Ia juga baru mulai mencoba mendekati salah seorang guru imigran wanita (Alexandra Rapaport) yang juga bekerja di TK yang sama. Belum lagi masalah rumah tangga beres, tahu-tahu Lucas malah dihadapkan dengan masalah “superbesar” ini.

Apa yang terjadi selanjutnya? Menarik untuk disimak. Sesuai tagline film ini, the lie is spreading; tentu kita sudah langsung tahu bahwa anak TK tadi berbohong. Namun yang menarik adalah, bagaimana orang dewasa demikian percaya penuh bahwa anak tidak mungkin berbohong, bagaimana kebohongan kecil ini bisa mengakibatkan perubahan kehidupan komunitas hingga demikian drastis.

Menarik juga untuk disimak, bagaimana akhirnya orang dewasa mendeteksi kebohongan yang disampaikan anak-anak, bagaimana mereka mengubah perilaku yang telanjur dibuat, dan sebagainya. Dari segi moral, film ini mengajarkan dampak kebohongan sederhana dan betapa sulitnya mengembalikan hubungan sosial seperti semula karenanya. Juga mengajarkan bahwa menjalin hubungan langgeng dalam close-knit community tak selamanya mudah, karena aspek kepercayaan satu sama lain amat penting. Bagaimana dampak prasangka terhadap kehidupan, yang ternyata bisa sangat luar biasa. Bagaimana suasana hati orang yang tertuduh, juga dilukiskan dengan baik lewat akting keren Mads Mikkelsen. Sampai-sampai penonton bisa dibuat terenyuh menyaksikan bagaimana Lucas difitnah habis-habisan, dan bagaimana ia menghadapi fitnah tersebut.

Namun, adegan ending film ini agak membuat penonton bertanya-tanya. Selain adegannya kurang nyambung, perlu berpikir untuk mencari motifnya, dan sebagainya, dan sebagainya… Tapi intinya adalah: Siapa pelakunya? Memang tidak dijelaskan sama sekali, di akhir cerita juga tidak dijelaskan, tapi beberapa penonton mencoba menebak-nebak. Setelah kalian menontonnya, tentu kalian juga punya teori sendiri…

 

My ratings

  • Story 9/10
  • Graphic 7/10
  • Audience grasp 8/10
  • Tagline association 8/10
  • Moral value 9/10
  • Personal IMDb rating 8/10
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s