[Paris] Review Restoran/Cafe: Le Ronsard

Setelah berkunjung ke Basilica Sacré-Cœur dan menuruni bukitnya menuju ke stasiun metro Anvers, kita pasti melewati restoran Montmartre yang memang menjual lokasi dan view strategisnya ini. Le Ronsard, yang bisa berfungsi sebagai restoran sekaligus cafe, cukup dikenal sebagai tempat untuk sekadar nongkrong menikmati pemandangan Basilica Sacré-Cœur, atau untuk mengisi perut apabila memang sudah waktunya makan.

Sekilas

Restoran ini terletak persis di seberang lapangan terbawah di hadapan Basilica Sacré-Cœur. Buka setiap hari, dari jam 7 pagi hingga sekitar tengah malam. Di sini para pengunjung bisa makan pagi, brunch, makan siang/sore, dan makan malam, tergantung jam yang ditentukan oleh pengelola restoran. Jika tidak ingin makan di tempat, Le Ronsard menyediakan fasilitas bungkus (take away) di pojok jalan, persis di sisi luar restorannya. Jangan kaget jika menunya beda.

Memilih View

Jika kalian merasa view restoran sangat penting, dan jika kalian punya cukup keberanian (ingat, ini masih Montmartre); silahkan memilih tempat duduk di luar restoran (udara terbuka). Namun jika kalian merasa kurang aman, atau ingin menyortir ulang isi dompet selagi menunggu makanan, ada baiknya pilih kursi yang ada di dalam (indoor).

Jika merasa kurang aman namun penasaran dengan panorama Basilica Sacré-Cœur, ambil saja kursi indoor yang ada di dekat jendela. Tapi jangan lupa antisipasi, bahwa di jam-jam ramai (misalnya di sore hari sekitar pukul 17-20), tentu kursi-kursi ini biasa telah terisi penuh.

Bahasa Inggris

Seperti sebagian besar restoran di Paris pada umumnya, pelayan di restoran ini pun sangat minim yang bisa berbahasa Inggris. Jadi, apabila kita tidak menguasai bahasa Prancis (atau setidaknya menguasai frasa minimal untuk memesan makanan dalam bahasa Prancis), mengandalkan jari untuk menunjuk nama makanan di menu, dipadukan dengan bahasa tarzan, tentu dapat sangat membantu. Jangan khawatir, pelayan selalu membagikan menu ke para pengunjung setiap kali ada pengunjung baru memasuki restoran.

IMG_6600

Suasana dalam restoran Le Ronsard.

Jenis Makanan

Makanan di Le Ronsard sangat bervariasi tergantung di jam berapa kita datang.

Makan pagi (breakfast) dimulai dari pukul 7 pagi hingga 12 siang. Jadi, semua pengunjung yang datang sebelum PM tiba, bisa memesan menu breakfast. Makan pagi yang disajikan adalah tipikal Eropa pada umumnya. Mereka menyediakan pilihan omelet, kentang, dan sejenisnya. Sebagai complimentary, mereka selalu menyajikan sekeranjang roti dan selai gratis untuk setiap pengunjung. Makan pagi dibanderol sekitar EUR 10, plus minus, sehingga termasuk rata-rata untuk ukuran Prancis.

IMG_7572

Paket gratisan makan pagi (catatan: Jus jeruknya tidak termasuk).

Sementara untuk makan siang, bisa dipesan sesudah jam 12 siang, umumnya terdiri atas porsi besar. Ada ayam cincang yang dipadukan dengan kentang goreng (saya mengasumsikan besarnya kira-kira sama dengan porsi untuk 2 orang Asia), dengan harga sekitar EUR 18 per porsi. Bahkan menurut saya, hidangan makan paginya jauh lebih enak daripada makan siangnya lho…

IMG_7597

Ini paket ayam yang saya maksud. Jangan salah sangka: Porsinya besar sekali lho! Saya sampai menyangka ini ayam hasil… Ah sudahlah…

Jangan lupa memesan es krim. Es krim mereka memiliki banyak variasi formasi, meskipun rasanya memang hanya ada tiga pilihan (cokelat, vanilla, dan stroberi). Tapi waspadalah, karena harga es krim ini bisa beda-beda tergantung jumlah bola yang kalian pilih!

IMG_7575

Makanan penutup favorit: Es krim “deux boules” (double scoop). Ada pilihan stroberi, vanila, dan cokelat.

Pembayaran dan Tip

Berbagai sumber dari internet menyebutkan bahwa Le Ronsard terkenal sering bermain curang dalam menghitung pembayaran. Ada baiknya kita menghitung ulang berapa harga makanan yang dipesan, untuk mencegah kecurangan seperti ini. Toh sebetulnya angka yang dihitung oleh mereka tidak berbeda dengan harga yang ada di menu, sehingga jika kita sudah menghitung kira-kira berapa dana yang mau dihabiskan untuk makan, pasti tagihannya tidak berbeda jauh dari angka tersebut. Adapun, jika ingin memberikan tip, bulatkan ke atas saja angka hasil perhitungan pembayaran ke pecahan EUR 2-5 terdekat. Namun dari pengalaman saya, memberikan tip tidak selalu wajib, tergantung situasi dan kondisi. Misalnya, ketika restoran sedang sangat ramai, ada baiknya kita memberikan tip.

Kalau ingin ke toilet bagaimana? Siap-siap karena toilet di sini bayar. Ongkosnya EUR 0.5 per orang. Posisi toilet berada di sebelah kanan konter minuman, dan kita harus menuruni tangga untuk menemukan toilet tersebut karena posisinya di bawah tanah. Namun di saat-saat tertentu bisa jadi tidak ada petugas, sehingga kita bisa leluasa keluar masuk tanpa ongkos sama sekali.

Kalau ingin bungkus? Le Ronsard menyediakan unit takeaway yang berlokasi tepat di pojok belokan antara jalanan di depan gereja dan jalan menuju Anvers. Namun jangan kaget jika menu yang ditawarkan sangat jauh berbeda, dan menu untuk takeaway juga sangat terbatas.

 

Tertarik mencobanya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s