Review Forum: Brilliant

Kalian pelajar yang mengambil program sains di jurusan masing-masing? Atau kalian adalah penggemar ilmu sains, fisika, keuangan kuantitatif, serta matematika murni? Atau memang praktisi di bidang-bidang tersebut, atau justru kalian adalah para peneliti? Di sinilah wadah yang cukup menantang dan membangun buat para peminat sains: Brilliant dot org, atau yang sering disebut sebagai Brilliant saja.

Brilliant ini rupanya adalah contoh kasus serendipity (alias: Kebetulan yang tak terduga). Awal mulanya ada sebuah proyek bernama AllTuition, yang dibangun atas dasar kerja sama dari Sue Khim dan beberapa rekannya yang ingin membangun suatu wadah untuk mencari bakat-bakat baru di bidang akademik. Namun, justru proyek sampingan mereka yang bernama Brilliant, yaitu proyek yang mewadahi diskusi di bidang matematika dan komputasi; justru lebih berkembang. Sehingga tim pengembang tersebut memutuskan untuk lebih fokus ke pengembangan Brilliant saja, ketimbang terus fokus di AllTuition. Di akhir tahun 2013, Brilliant sebagai suatu startup, berhasil mengumpulkan galangan dana dari banyak sumber; dan mereka pun menebengi Facebook untuk mengiklankan forum yang sangat menarik ini. Saya bisa dibilang termasuk salah satu “korban” iklan tersebut dan sampai sekarang pun turut terjebak dalam keseruan memecahkan persoalan di Brilliant ini!

Layanan Brilliant tersedia dalam beberapa bidang sekaligus. Namun fokus utama forum ini adalah matematika murni yang mencakup sejumlah subtopik: Aljabar, geometri, teori angka, kombinatorial, matematika dasar, logika matematika, dan kalkulus. Di samping matematika, juga ada mekanika klasik, elektromagnetika, sains komputer, keuangan kuantitatif, lengkap pula dengan uji SAT dan JEE. Tidak melulu berisi soal-jawab-solusi, ada juga bagian interaktif untuk bersosialisasi dengan sesama ilmuwan, pelajar, mahasiswa, ahli, dan peminat untuk diskusi tentang soal-soal yang muncul. Ada pula Problem of the Day, yang tiap hari berubah. Untuk menikmati layanan ini caranya gampang, seperti biasa kita tinggal mendaftarkan diri. Bisa via akun Facebook, via akun Google Plus, atau via registrasi e-mail.

Layanan Brilliant yang demikian seru sebetulnya tersedia secara gratis namun tak semua level bisa diakses lewat akun gratis tersebut. Kenaikan pangkat juga relatif tak mungkin jika kita tidak berlangganan akun premium. Namun jangan khawatir, biaya berlangganan akun premium untuk Indonesia tidak mahal, hanya sekitar Rp 13.500 per bulan; atau hanya Rp 9.000 per bulan jika kalian memutuskan untuk langsung ambil paket setahun (seharga Rp 108.000). Kalau kalian sedang beruntung, kalian bisa saja tiba-tiba mendapat promo diskon 25%; sehingga ongkos berlangganan per bulan tinggal Rp 10.125 per bulan atau Rp 81.000 per tahun.

Penasaran dengan contoh soal-soal dari Brilliant? Berikut saya coba tampilkan salah satu soal logika yang mereka muat sebagai Problem of the Day, dan kebetulan skrinsut ini saya buat sebelum saya menjawab pertanyaan ini.

brilliant-logic-james-jonathan-liars

 

(Terjemahan bebasnya: James dan Jonathan adalah pembohong yang hanya berbohong di hari tertentu. James berbohong di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu; sisanya ia jujur. Sementara Jonathan hanya berbohong di hari Selasa, Rabu, dan Kamis; sisanya ia jujur. Di hari apakah mereka berdua akan mengatakan “Besok saya akan berbohong”?)

Soal ini tentu cukup mudah. Nah, ada yang sudah tahu jawabannya?

Lalu bagaimana kalau kita salah jawab? Tidak apa-apa, namanya juga belajar bareng! Jadi, di sini kita memang punya progress bar, yang bisa diakses dari tab notification. Jika kita terlihat kurang menonjol di salah satu bidang, kita bisa berlatih ulang untuk meningkatkan performa kita di bidang matematika yang mana kita lemah. Demikian seterusnya. Lalu, jika kita sering membantu dan memberikan jawaban atas soal-soal yang muncul, dan ikut berdiskusi, kita juga akan lebih dikenal dan bisa mendapatkan rating lebih di forum ini. Kira-kira, konsepnya sama seperti forum pada umumnya.

Selamat mencoba apabila tertarik dengan teka-teki dengan setting forum semacam ini. Lumayan buat pemanasan otak setiap hari, sekaligus bersosialisasi dengan para jagoan matematika 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s