Circa Handmade: Antara Boneka dan Pemberdayaan Perempuan

Ada yang sudah kenal Circa Handmade? Perkumpulan pengrajin boneka asal Cihanjuang ini mungkin belum terlalu terkenal buat sebagian orang. Namun konsep sosial yang dibawa oleh usaha rumahan Mba Ukke Kosasih ini cukup unik dan menarik. Berhubung saya cukup terkesan dengan boneka karya mereka, saya coba menulis sedikit tentang Circa Handmade. Iseng siapa tahu dapat boneka gratis (huaaa… Ngarep)

 

Dari mana kenal Circa Handmade?
Salah satu teman ada yang menjadi volunteer di suatu wadah untuk beberapa sekolah, kemudian teman ini pun mendapatkan boneka yang lucu. Lalu ada teman lain lagi yang pernah share link di timeline FB, kebetulan saya juga pernah melihat berbagai boneka berwajah seragam tapi tampil dalam beragam busana dan warna serta tatanan rambut. Dari sana saya mengetahui keberadaan Circa Handmade.

Ternyata, Circa sudah ada sejak tahun 2006. Mba Ukke Kosasih sebagai pendirinya, saat itu hanya memiliki satu sumber daya manusia, yaitu anak tukang kebunnya yang pintar membuat boneka. Dalam 4-5 tahun, hingga kini, Circa berkembang menjadi wadah pemberdayaan wanita di desa Cihanjuang yang bergerak di bidang handcraft. Boneka yang dahulu memiliki wajah tidak khas, kini selalu tampil dengan mata bergaris tiga di sisi lateralnya, plus sebuntel hidung, dan sebaris mulut yang entah bagaimana selalu membentuk lengkungan yang seragam. Sehingga, wajah boneka-boneka Circa kini amat khas. Lucunya juga semua boneka buatan Circa diberi nama, lho. Kini pun, tak hanya melulu membuat boneka, Circa juga membuat dompet dan beberapa aksesoris lain. Jangan lupa Circa juga membisniskan pakaian boneka yang bisa kita beli dan padu padankan dengan boneka Circa milik kita. Seru kan…

Bagaimana cara membeli bonekanya?
Meskipun pernah muncul di blogspot, masih punya akun Instagram, ada juga di WhatsApp, ataupun media sosial lainnya, pemesanan boneka Circa Handmade hanya bisa dilakukan dengan cara cepat-cepatan di sesi adopsi, yang digelar di halaman Facebook Circa Handmade. Ya, Circa memang selalu menggunakan istilah adopsi untuk pembelian boneka produksi mereka. Acara ini biasanya digelar di hari Senin malam jam 20, minggu pertama dan ketiga tiap bulan.

Adapun di sesi adopsi para calon pembeli harus balapan dan mengalahkan peminat lainnya demi mendapatkan boneka idaman. Cara memilih boneka mudah saja, cukup dengan menunggui halaman FB Circa sejak jam 19.45 dan setelah foto boneka muncul. Foto boneka selalu memuat nama boneka, ukurannya, serta harganya di luar ongkos kirim. Segeralah beri komentar “adopt” di foto boneka idaman. Sekarang, kalian tinggal berharap cemas agar pihak Circa meng-Like komentar kalian.

Komentar kalian sudah di-like? Waktunya memberikan konfirmasi berupa nama dan alamat pengiriman, agar pihak Circa bisa menentukan ongkos kirim. Dalam waktu 24 jam kalian akan mendapatkan rekap via FB Messenger (Inbox) yang berisi nama, alamat, boneka pesanan, dan total biaya. Silakan tunggu dalam 2-5 hari kerja dan boneka akan dikirim ke alamat kalian.

Pengalaman saya soal boneka Circa agak unik. Saya terlambat memesan boneka di gelombang 17 Agustus, sehingga kelewatan masa promo. Untungnya boneka idaman saya masih ada. Tektokan dengan Circa berlangsung cepat, dan tanggal 27 pagi saya takjub saat boneka pesanan saya sudah duduk di depan rumah dengan ajaibnya (soalnya tidak lihat ada kurir datang!).

Ini dia boneka lucu yang saya adopsi, namanya Nara. Pakaiannya ala Jepang, tingginya 30 cm.

Sebetulnya boneka favorit saya adalah antara Chloe atau Meg (saya lupa terus yang mana karena mereka mirip. Yang pasti saya suka yang rambutnya cokelat), tapi entah kenapa selalu kelewatan, keduluan, ataupun kehabisan… Hiks… Tapi tidak apa, Nara ini juga lucu 🙂

Nah, bagaimana? Tertarik untuk memesan boneka Circa dan membantu pemberdayaan wanita di komunitas desa Cihanjuang?

(20150922)

Kontak Circa Handmade
Facebook: Circa Handmade (alamat dan nomor telepon ada di sini)
Instagram: @circahandmade

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s