[Madrid] Santiago Bernabeu Tour

Penggemar sepakbola tidak boleh melewatkan salah satu stadion termegah di negeri Matador ini. Sebelum menyambangi stadion Camp Nou di Barcelona, saya terlebih dahulu mampir ke stadion tim musuh bebuyutan, yaitu Santiago Bernabeu. Hihihi… Hitung-hitung studi banding sambil iseng, namun ternyata stadion termegah di ibukota Spanyol ini tampaknya sudah lebih dari cukup dalam urusan memanjakan fans-fans Real Madrid. Jadi, jangankan fans Real Madrid, saya yang fans tim musuhnya saja terpesona dengan tur stadion dan toko merchandise Los Blancos 🙂

Seperti apa ya? Mari kita simak…


Practical Information

Harga tiket tur Bernabeu untuk satu orang dewasa adalah EUR 19. Tur akan berjalan sendiri tanpa pemandu khusus, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi seluruh isi paket tur bisa berbeda-beda. Ada orang yang cukup 1 jam 30 menit, namun barangkali fans berat yang seberat-beratnya bisa nangkring sampai 3 jam di sini.

Biasakan membeli tiket secara online untuk menghindari antrian. Saya menyaksikan sendiri di tur ini bahwa semua orang yang datang ke stadion dengan membawa tiket diperbolehkan langsung mengantri di tower B. Sementara yang belum bawa tiket, wajib mengantri ke arah tower A dulu, setelah tiket sudah di tangan barulah mereka boleh ikut mengantri di tower B. Ada juga yang sudah capek-capek ngantri di tower B, ternyata diusir petugas karena tidak punya tiket. Jadi ngantrinya malah tiga kali. Rada buang waktu ‘kan jadinya?

Sebagai tips tambahan dalam membeli tiket online, perhatikan bahwa pembelian tiket ada masa berlakunya. Jangan sampai masa berlaku tiket habis sebelum tanggal yang kalian sudah rencanakan untuk kunjungan Bernabeu. Selain itu, selalu biasakan buat salinan cetak (print-out) tiket dan siapkan tiket online, untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Untuk mengantisipasi, hindari membeli tiket dengan jarak lebih dari 1 bulan dari tanggal rencana kunjungan.

Tur Bernabeu buka setiap hari sekitar pukul 10 sampai 18. Di hari pertandingan jam buka bisa berubah tergantung jadwal pertandingannya, namun sedapatnya hindari mengambil tur di hari pertandingan agar akses tur bisa semaksimal mungkin.

Di hari Minggu dan hari libur di Madrid, tur Bernabeu bisa sangat ramai karena biasanya di saat itulah para orang tua membawa anak-anaknya mengikuti tur stadion.

How to get there

Mencapai stadion Bernabeu sangat mudah. Cukup gunakan sistem metro Madrid dan turun di stasiun metro Santiago Bernabeu. Petunjuk arah sejak keluar dari metro sudah sangat jelas. Dan asyiknya lagi begitu kita keluar dari stasiun metro, maka kita akan langsung melihat pintu depan stadion dengan sangat jelas! 🙂

Tur stadion

Saya datang ke stadion di hari Minggu. Tak heran karena pengunjungnya banyak sekali! Jangan heran pula bahwa rakyat Spanyol sendiri masih suka ke stadion ini, apalagi mereka yang kebetulan aslinya tidak tinggal di Madrid.

Pintu masuk tur stadion, lewat tower B.

Kebingungan waktu tur Bernabeu? Cari saja tanda ini supaya tidak kesasar!

 

Setelah mengantri di tower B sekitar 20 menit, pengunjung dipersilahkan naik tangga mengikuti arah panah tur stadion, sebanyak beberapa lantai. Tidak ada pemandu tur di sini, jadi kita bisa keliling sepuasnya. Tapi ingat, perhatikan arah panah, karena biasanya setelah kita pindah bagian kita tidak diperkenankan berjalan balik ke bagian sebelumnya.

Tur stadion Real Madrid dimulai dari salah satu tribun di mana para pengunjung bisa mengabadikan foto, namun lokasinya agak sempit. Tenang, tidak perlu terlalu ngotot untuk berfoto sebagus-bagusnya di sini karena masih banyak titik lain yang lebih bagus dan akan dilewati tur ini.

Setelah melewati tribun pertama, kita akan diarahkan menuju museum. Di sinilah berbagai piala yang pernah diterima juara UCL 10 kali ini dipajang, lengkap dengan dokumen, poster, foto, dan bola-bola bersejarah sesuai zamannya. Di rak pertama kita akan disuguhi sejarah awal dari tim berkostum kandang putih-putih ini. Kemudian di rak kedua, ditampilkan sejarah El Real di masa perang dunia. Rak berikutnya membahas era keemasan di tahun lima puluhan di mana El Real meraih piala Champions beberapa kali berturut-turut, dan mengukuhkan diri jadi tim dengan juara Champions terbanyak hingga kini. Tentunya penggemar berat si putih tidak akan melewatkan kesempatan mengabadikan pernak pernik tim kesayangan di sini. Berikutnya sampai rak keenam dan ketujuh.

Setelah itu ada petikan sejarah di era 70-an dan 80-an, kemudian di tahun 90-an, tentunya lengkap dengan gelar-gelar juara Champions, bola yang digunakan di pertandingan final, dan beberapa pernak pernik khas bertanda tangan juga turut menghiasi museum di bagian ini.

Sisi lain museum yang menampilkan sejumlah piala, kostum bersejarah, dan poster-poster pertandingan akbar Real Madrid di masa lalu.

Salah satu bola bersejarah buat Los Blancos yang ditandatangani oleh pemain-pemain

Ruangan berisi kostum para pemain Real Madrid musim 2014-2015, plus sepatu masing-masing pemain.

 

Jangan lupa perhatikan dinding museum yang dipenuhi dengan video gol-gol dan momen-momen terbaik dalam sejarah si putih. Fasilitas multimedia ini bisa diakses pengunjung dengan bebas menggunakan panel layar sentuh yang sangat futuristik. Fans yang menggemari video-video sepakbola pasti tertarik berlama-lama di bagian ini.

Contoh tampilan layar multimedia otomatis yang menghiasi museum Santiago Bernabeu.

 

Setelah itu kita bisa lanjut ke bagian yang berisi kaos-kaos pemain Real Madrid saat ini, dan di dekatnya kembali ada layar multimedia. Namun kali ini fasilitas multimedianya lebih diarahkan untuk para legenda. Misalnya Puskas, Di Stefano, Raul, dan Zidane. Sejarah, gol terbaik, dan momen tentang para legenda ini bisa disimak lebih lengkap di sini.

Panel multimedia layar sentuh untuk menyimak kisah tentang legenda-legenda Real Madrid.

Lewat dari bagian ini, kita tiba di bagian yang paling ditunggu-tunggu fans Real Madrid: Galeri 10 trofi UCL yang pernah mereka dapatkan dalam sebuah podium tersendiri. Berdasarkan pengalaman, susahnya minta ampun kalau mau berfoto di sini. Selain karena lingkungan sekitar yang gelap dan pencahayaan yang sangat minim (praktis pencahayaan hanya mengandalkan layar multimedia para legenda, tanpa adanya lampu yang menyala permanen), pengunjung juga tampaknya paling berminat memadati bagian yang satu ini. Apalagi semakin baru pialanya semakin ramai pula pengunjung yang ingin berfoto di situ!

Copa de Europa? Piala apa ini, kok bentuknya lucu? Fans El Real pasti tahu kalau di musim 1958-1959, klub kesayangan memenangkan Liga Champions Eropa. Nah ini adalah replika pialanya. Lalu di mana piala betulannya? Piala asli dari kompetisi yang kini bernama UEFA Champions’ League ini sifatnya digilir dan musim 2014-2015 ini dimenangkan tim rival mereka, FC Barcelona. Namun Real Madrid memiliki tempat tersendiri untuk meletakkan 10 trofi UCL mereka.

Inilah 10 trofi UCL yang dipajang di podium tersendiri di tur stadion ini. Buat para fans tentu berfoto di sini adalah wajib, meskipun pencahayaannya relatif minim dan sulit.

 

Setelah dipuaskan habis-habisan dengan museum, kita kembali diarahkan ke tribun. Kali ini sudutnya sedikit berbeda karena kita akan diarahkan ke tribun tengah. Dari sini, lapangan akan tampak lebih dekat. Ketika saya datang, stadion sedang mengalami proses pembersihan usai pertandingan kemarinnya di hari Sabtu. Jadi tak heran kalau jejaring gawang sedang digantung sehingga gawang berbentuk menyerupai gerbang, dan tak heran pula selang semprotan air raksasa turut menghiasi rumput lapangan yang diterangi terik sinar matahari. Dari sini pula tulisan “Real Madrid” di tribun seberang bisa dilihat dengan jelas dan tentu saja merupakan objek foto yang menarik.

Tampilan gawang sehari setelah pertandingan.

Bagian selanjutnya yang tak kalah menarik adalah kamar ganti pemain. Mulai dari lemari kostum untuk masing-masing pemain, suasana kolam terapi, shower room, sampai kamar ganti sewaktu istirahat pertandingan akan kalian kunjungi di sini. Namun karena pembatasan-pembatasan dari pihak stadion, ada beberapa bagian yang tidak bisa dimasuki, alias hanya bisa dilihat dan difoto. Selain itu juga ada press room, yang juga luar biasa ramai dan fotonya harus mengantri.

Lokasi fisioterapi pemain.

Shower room.

 

Selesai mengunjungi kamar ganti, kita sampai di bagian yang seru: Memasuki lapangan. Di sini kita bisa menginjak rumput Bernabeu, mencoba berpose di kursi pelatih, berfoto dengan latar belakang tulisan “Real Madrid” di kursi stadion, dan sebagainya. Jangan kaget juga bahwa tempat ini pun sangat ramai; bahkan untuk berpose di kursi pelatih sebebas-bebasnya juga sulit.

Tulisan “Real Madrid CF” di tribun Bernabeu, dilihat dari tribun tengah.

Kursi kebesaran yang pernah diduduki Del Bosque, Mourinho, Ancelotti, dan kini Benitez.

 

Kelaparan di tengah tur? Jangan khawatir karena di dekat tribun bawah, ada beberapa kios makanan ringan yang harga hidangannya cukup murah.

Toko merchandise

Kostum seluruh pemain, tanpa kecuali, dijual di toko merchandise ini. Jadi jangan kaget kalau kostum Coentrao, Varane, sampai pemain-pemain yang jarang kedengaran pun ada kostumnya.

 

Bagian terakhir dari tur stadion adalah toko merchandise. Toko merchandise Real Madrid bisa jadi merupakan toko merchandise paling lengkap seantero Spanyol, terutama setelah saya membandingkannya langsung dengan FCBotiga milik FC Barcelona. Saya memuji kehebatan tim di balik layar toko merchandise ini dalam membaca apa yang diinginkan fans. Mereka bisa merancang kostum dengan semua nama pemain, merancang botol minum fleksibel, bahkan merancang mainan replika stadion, pokoknya lengkap! Dijamin, asal ada kesempatan mampir dan ada dananya, penggemar Real Madrid tak akan melewatkan kesempatan emas mengoleksi benda-benda dari tim kesayangan.

Penggemar sepakbola, suka Real Madrid ataupun tidak, kalian tidak akan rugi mengikuti tur stadion ini. Dijamin puas. Buat kalian yang hobi sepakbola, rasanya tur Santiago Bernabeu ini adalah menu wajib untuk itinerary kalian ketika berkunjung ke Madrid. Happy traveling!

 

(20150510)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s