[Madrid] Sistem Transportasi: Dari Metro, Bus, sampai RENFE

Setelah keliling Stockholm, Amsterdam, Paris, dan Copenhagen; tinggal dua kota yang belum saya bahas sistem transportasinya. Kali ini kita akan menuju salah satu kota sepakbola ternama di Eropa, yaitu Madrid.

Ibukota Kerajaan Spanyol ini memiliki sistem transportasi sudah terstruktur cukup baik. Kereta metro sudah terintegrasi dengan bus, sehingga kita tidak usah beli karcis terpisah untuk naik metro dan untuk naik bus. Satu-satunya layanan transportasi yang karcisnya terpisah hanyalah RENFE (nanti dibahas). Jadi bisa dibilang integrasi layanan transportasi Madrid ini tidak bikin pusing para turis. Sayangnya, sama dengan Paris, Stockholm, dan Amsterdam yang tidak memasukkan bandara ke dalam paket transportasi untuk turis, Madrid pun tidak memasukkan bandara ke dalam sistem metro mereka. Coba cek peta metro Madrid di sini.

Logo stasiun Metro di Madrid

Sebetulnya sistem metro di Madrid sama saja dengan sistem metro di dunia pada umumnya. Seluruh gerbang masuk/keluar stasiun Metro selalu dipasangi logo yang khas, sehingga penduduk tentu tidak akan keliru mengenali penanda stasiun Metro. Di bawah setiap logo selalu dipasangi nama stasiun dalam font Arial (atau Helvetica?) berukuran besar yang kontras.

Contoh pintu gerbang keluar/masuk stasiun metro Madrid, di Opera.

Suasana pintu masuk stasiun metro di Madrid.

Yang agak unik adalah semua penunjuk nama stasiun metro di suatu line dibuat dengan tempelan. Supaya lebih jelas coba perhatikan foto berikut ini.

Mungkin awalnya kita cukup shock melihat peta jalur seperti ini. Sudah tempel-tempelan, kurang rapi, agak bikin pusing pula. Apa ya maksudnya estaciones dan correspondencias? Lalu kok ada kiri ada kanan?

Estaciones maksudnya adalah urutan stasiun yang akan dilewati oleh metro ini. Nah, bedanya antara kiri dan kanan adalah, kita perlu mencari nama stasiun tujuan kita, adanya di kiri atau di kanan? Kebetulan foto di atas masih menunjuk ke satu arah yang sama untuk papan kiri dan kanan, tapi nanti suatu saat pasti kedua papan ini bercabang ke arah yang berbeda. Jadi misalnya untuk berangkat ke stasiun Santiago Bernabeu dari tempat foto ini diambil, kita harus mengikuti papan yang ada tulisan Santiago Bernabeu terus sampai kita bertemu keretanya.

Sementara correspondencias menunjukkan line lain yang juga bisa kita tuju di stasiun yang dimaksud. Misal kita ingin menyambung ke line 7, maka kita perlu turun di stasiun Gregorio Marañon (line 10) dan menyambung ke line 7, cari arah yang menuju ke Hospital del Henares Pitis. Prinsip ini sebetulnya sama saja di seluruh dunia, jadi jangan terlalu dipusingkan 🙂

Lalu satu hal lain yang juga unik soal metro Madrid: Peringatan penutupan pintu metro dibunyikan dengan tiupan peluit mirip peluit wasit di pertandingan sepakbola. Sementara di negara lain sudah menggunakan bel mirip bel polisi atau bel mirip peringatan kebakaran, Madrid malah menggunakan peluit. Lucu juga kalau dipikir-pikir, ternyata kota ini betul-betul menjiwai sepakbola sekali ya 🙂

Paket transportasi di Madrid
Untuk menempuh perjalanan dengan leluasa, para turis dianjurkan membeli tiket turis bernama Abono Turistico. Ada banyak pilihan untuk jumlah hari Abono Turistico, yaitu 1 hari, 2 hari, 3 hari, 5 hari, dan 7 hari. Tiket ini memiliki dua macam coverage, yaitu zona A dan zona T. Biasanya para turis yang hanya memiliki waktu 2-4 hari di Madrid hanya membutuhkan tiket zona A. Namun buat turis yang ingin mengunjungi daerah pinggiran Madrid, seperti Leganes, Guadalajara, dan Toledo; maka turis membutuhkan tiket zona T. Harga Abono Turistico bisa dicek di sini.

Abono Turistico ini berlaku setiap hari sampai dengan jam 5 pagi hari berikutnya. Jadi, seandainya kita baru tiba di Madrid di malam hari, ada baiknya beli karcis satuan saja, jangan pakai Abono Turistico paket harian.

Adapun Abono Turistico bisa dibeli di semua stasiun metro yang ada di Madrid. Tiket ini berukuran sangat kecil, hanya sebesar karcis Paris Pass, dan bertulisan berapa jumlah hari di mana tiket ini akan aktif. Namun dari segi kualitas pita informasi, Paris Pass tampaknya lebih baik. Menurut pengalaman, dengan cara penyimpanan yang sama persis, kartu Paris Pass saya masih lancar jaya dipakai sampai hari terakhir (saya menggunakan paket 3 hari). Sementara pita informasi Abono Turistico 2 dias saya sudah aus di awal hari kedua dan terpaksa minta tukar di stasiun supaya bisa masuk.

Contoh tiket Abono Turistico

Berhubung ukurannya kecil, Abono Turistico saya sempat hilang. Jadi hati-hatilah menyimpan kartu Abono kalau kalian memilih membeli tiket ini. Sebagai pertimbangan mau membeli Abono atau tidak: Biaya satu kali perjalanan dengan Metro untuk jarak pendek (<5 stasiun) sekitar EUR 1,5-2; jarak sedang (6-entah berapa stasiun) EUR 2-4. Jarak jauh saya tidak tahu tarifnya karena belum sempat mengalami. Jadi, kalau menurut perhitungan kalian dalam sehari hanya akan naik metro 2-3 kali saja, rasanya lebih baik beli tiket satuan setiap kali akan naik metro.

RENFE
Tadi saya bilang bahwa Madrid tidak memasukkan airport Barajas Madrid ke dalam sistem metro mereka. Nah, untuk mencapai pusat kota dari bandara, turis perlu menggunakan kereta khusus bernama RENFE, alias Red Nacional de Ferrocarilles Españoles. Sesuai namanya RENFE ini meng-cover seluruh negara Spanyol. Kereta ini menghubungkan beberapa titik strategis dengan pusat kota Madrid. Salah satunya adalah airport Barajas.

Cara mencapai pusat kota Madrid dari airport Barajas, adapun adalah dengan membeli karcis RENFE jalur C-1 di Aeropuerto T4, menuju Principe Pio, turun di Alvaro Mendez. Dari sana sudah tinggal berjalan kaki menuju stasiun metro Atocha/Atocha Renfe (line 1). Harga tiket RENFE ini adalah EUR 2,60 (sekali jalan) atau EUR 5,20 (bolak balik).

Bus
Bus di Madrid, dikenal juga dengan istilah Autobus atau bentuk jamaknya Autobuses, memiliki sistem yang juga cukup bagus dan terstruktur. Ketika kita naik ke bus, kita tinggal memperlihatkan kartu Abono Turistico saja.

Bus-bus di Madrid ini biasanya memiliki pangkalan di stasiun Atocha. Jadi, titik utama keberangkatan dan kedatangan bus adalah di stasiun terbesar di kota Madrid ini.

Cara memahami petunjuk terminal bus Madrid juga sangat mudah: Kita tinggal melihat peta di terminal terdekat untuk menentukan apakah kita menuju ke arah yang benar ataukah kita perlu menuju ke terminal arah sebaliknya. Stasiun tempat kita berada selalu ditandai dengan lingkaran merah dan arah bus berjalan ditunjukkan dengan tanda panah. Jam kehadiran bus juga disajikan lengkap di terminal. Tenang saja, tidak ada yang mencoret-coret informasi tersebut sampai tidak terbaca. Tapi, jangan heran jika beberapa terminal malah memiliki dinding yang bergambar-gambar aneh 😀

Madrid juga menyediakan layanan bus malam yang frekuensi kehadirannya lebih jarang daripada bus regular. Rute bus malam juga memiliki terminal akhir berbeda dengan bus regular tersebut. Untuk petunjuk bus malam, biasanya dipajang di masing-masing terminal.

Contoh peta di terminal bus malam Madrid. Ini adalah peta di terminal Mayor. Di bagian atas papan informasi ini (tidak terfoto oleh saya) ada informasi tentang frekuensi kehadiran bus regular. Jika kalian perhatikan, di kanan atas terlihat tulisan “jam 21-23, sekitar 15-27 menit sekali”.

Inilah jam-jam kedatangan bus malam di terminal Mayor tadi. Perhatikan bahwa jam kedatangan bus di weekend dan hari libur nasional setempat bisa berbeda dengan hari kerja.

Pesan terakhir: Informasi di seluruh sarana transportasi Madrid hanya menggunakan bahasa Spanyol. Jika kita sudah sering melihat papan informasi bus di berbagai tempat, seharusnya ini tidak jadi kendala. Tapi kalau belum terlalu berpengalaman soal papan informasi bus atau kebetulan kalian sering tersasar saat membaca papan informasi, lebih baik bekali diri dengan kamus Spanyol pocket 🙂