[Paris] Montparnasse Tour: Alternatif Eiffel Tour?

Tur Eiffel barangkali merupakan atraksi wajib jika kita baru pertama kali mengunjungi Paris. Namun karena alasan tidak dapat tiket (saya sudah berkali-kali coba booking tapi slot yang ada terus-menerus penuh, katanya), saya pun terdistraksi dan mengalihkan opsi melihat Eiffel jadi Montparnasse Tour. Klaimnya, tur 360 derajat ini bisa memantau seluruh kota Paris dari ketinggian lantai 56 dan 59. Penasaran?

Beli Tiket

Tiket Montparnasse Tour, sama dengan tiket Eiffel Tour, bisa dibeli secara online. Setelah membeli tiket, kita perlu mengikuti petunjuk di website mereka, untuk mencetak tiket yang sudah di tangan. Di saat yang sama, kita juga akan menerima e-mail konfirmasi pembayaran tiket.

Harga tiket Montparnasse Tour ini adalah EUR 15 per satu orang dewasa. Kelihatannya tidak terlalu mahal untuk ukuran kota Paris, yang segalanya cukup serba mahal jika dibandingkan dengan seluruh negara yang mata uangnya Euro.

How to get there

Mencari gedung tempat Montparnasse Tour ini tidak terlalu sulit. Ada stasiun Metro di line 12 yang bernama Montparnasse Bienvenue. Turun dari stasiun dan segera ambil jalan ke arah kiri, kemudian ikuti saja petunjuk jalan yang menuju ke gedung Lafayette. Posisi gedung Montparnasse ada persis di sebelah gedung Lafayette, ada plangnya juga, sehingga seharusnya kita tidak akan tersasar. Jarak tempuh dari keluar stasiun Metro sampai gedungnya kira-kira 400-500 meter.

Montparnasse Tour and The Details

Setibanya di gedung Montparnasse, kita diminta mengantri dan akan melewati sebuah pintu, kemudian ada satu penjaga yang akan mengatur antrian lift menuju lantai 56. Setelah kita menaiki lift yang bisa mencapai lantai 56 dalam waktu hanya 32 detik itu, kita akan keluar di suatu lorong yang tak lain adalah pintu masuk Montparnasse Tour. Di sana ada penjaga yang akan memeriksa validitas tiket kita. Jadi, di sini kita bisa memperlihatkan tiket fisik ataupun konfirmasi pembayaran online dari e-mail. Setelah validasi tiket selesai, kita akan dipersilahkan masuk ke ruang observatori lantai 56.

Terus terang saya terkaget-kaget melihat isi lantai 56. Memang sih, pemandangan Paris terlihat seperti miniatur kompleks yang indah. Namun suasana lantai 56 di pandangan pertama mengejutkan saya. Begitu ramai, ada penjual makanan, ada penjual suvenir, banyak meja dan kursi berbaris sepanjang sisi dalam ruang observatori. Seolah-olah ini restoran, bukan sarana tur panoramik. Kecewa bagian 1.

Restoran di lantai 56.

 

Saya sempat mencoba mengambil foto lewat kaca pembatas dinding dan pemandangan kota Paris yang memang jadi tampak mini, namun saya terkaget-kaget lagi… Kali ini lantaran warna kaca yang satu dan sebelahnya tidak sama! Kaca yang satu gelap, tiba-tiba sebelahnya terang. Atau kaca yang satu kekuningan, yang sebelahnya tiba-tiba kebiruan. Kecewa bagian 2. Tapi untungnya bagian kekecewaan yang ini bisa terobati, dengan cara mengambil zoom sedang dan mengarahkan kamera hanya ke salah satu kaca, dan menghindari masuknya tepian kaca ke frame foto *phew*. Dari sini, saya mendapatkan beberapa foto yang menurut saya sangat bagus, dan kekecewaan sedikit reda.

 

Kalau kita ingin menikmati pemandangan mini Paris dari dekat, gunakan teropong yang sudah disiapkan dan bayar dengan koin EUR 1. Sayangnya benda ini hanya tersedia beberapa buah di lantai 56.

Rasa penasaran kembali menghampiri waktu saya iseng-iseng kepo, apakah memang ruang observatori lantai 56 ini mengitari 360 derajat? Ternyata tidak. Ketika kita terus berjalan ke kiri, maka di sisi ruang yang menghadap menara Eiffel ada pembatas sebuah tembok. Jika kita berjalan terus ke kanan, sama sekali tak tampak menara Eiffel, tiba-tiba ada tembok lagi. Kesimpulan saya adalah ruang ini tidak 360 derajat. Kecewa bagian 3.

Menara Eiffel dilihat dari Montparnasse lantai 56.

 

Begini suasana lantai 56. Kira-kira, para pengunjung kecewa ngga yah dengan observatorium seperti ini?

 

 

Saya coba menyelidiki lantai 59, apakah lebih seru? Bayangan saya lantai 59 ini pastilah mirip Marina Bay Sands Skypark di Singapore. Berangin, berpagar kaca, dan seru buat foto-foto.

Tangga manual menuju lantai 59.

 

Namun setelah menaiki tangga kawat besi yang relatif terjal, ternyata saya hanya menemukan ruang terbuka kosong, beberapa teropong, sudut-sudut yang sudah dipenuhi manusia, dengan suasana lapang yang dikelilingi kaca dan penuh pagar baja melintang ke sana kemari. Efeknya adalah tentu saja mengganggu hasil foto. Ke manapun mata memandang pagar bajanya selalu ada. Berangin, tentu saja. Misi gagal lagi. Kecewa bagian 4.

 

Suasana lantai 59.

 

 

Keramaian di lantai 59.

 

 

Terakhir saya coba turun kembali ke lantai 56 dan mengintip toko aksesoris. Jika harapannya adalah mencari suvenir Montparnasse, siap-siap kecewa superberat. Suvenir yang dijual hanya suvenir khas Prancis, sama sekali tidak ada embel-embel Montparnasse.
Akhir kata saya bisa menyimpulkan bahwa saya relatif kecewa dengan Montparnasse Tour, karena rasa-rasanya kenikmatan yang didapat tidak sebanding dengan harga EUR 15. Memang foto yang saya dapatkan lumayan memikat, namun sensasi observatoriumnya kurang terasa, entah ekspektasi saya yang ketinggian atau bagaimana… Mungkin, baiknya ambil Eiffel Tour saja, namun karena kunjungan saya ke Paris waktu itu sangat singkat, sehingga saya tidak memiliki waktu lagi untuk membalaskan kekecewaan di sana. Sayang sekali.

Tapi mungkin kalian bisa belajar dari sini ketika mengunjungi Paris.

[20150508]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s