[Barcelona] Camp Nou Tour and Museum

Semua fans FC Barcelona tentu ingin mengunjungi Camp Nou sebagai stadion kandang dari tim kesayangan. Termasuk saya. Melihat sendiri piala-piala asli yang diraih tim Blaugrana, berfoto di depan poster Messi Space, mencicipi sensasi berdiri di depan tribun pelatih, sampai kesempatan membeli pernak pernik asli, semua tersedia di sini. Bagi saya sendiri, tentu saja mengunjungi stadion Camp Nou adalah wajib hukumnya. Ini seperti keinginan sejak kapan tahun yang jadi kenyataan :’)… Maka dari itulah saya memasukkan Camp Nou sebagai komponen itinerary utama ketika lewat di kota Barcelona (saya sungguh tak rela jika sampai melewatkan Camp Nou! Apalagi karena saya datang dari Madrid, dan sudah masuk Santiago Bernabeu sebelumnya, maka masuk Camp Nou semakin terasa sebagai kewajiban nomor satu). Barangkali jika kebetulan kena hari pertandingan, beli karcis nonton langsung adalah bonus tersendiri. Namun jika kebetulan tidak kena hari pertandingan seperti saya, maka tur keliling stadion dan museum FC Barcelona tentu sudah lebih dari cukup untuk memuaskan keinginan sebagai fans.

Practical Information
Harga tiket tur stadion Camp Nou untuk dewasa adalah EUR 23 per orang dewasa dan bisa dibeli secara online. Untuk menghindari antrian yang terlalu panjang dan ribet, dianjurkan untuk beli tiket secara online saja. Setelah tiket dibeli, akan datang skema tiket untuk dicetak (print-out), sekaligus file berisi barcode untuk dipindai ketika akan masuk ke tur stadion (bisa dinikmati pengguna iOS dengan aplikasi Passbook).
Tidak dianjurkan untuk mengambil paket tur stadion pada hari pertandingan, karena banyak titik yang ditutup sehingga akses tur mungkin tidak maksimal. Sehingga, jangan pernah lupa memeriksa jadwal pertandingan di tanggal yang kalian rencanakan untuk kunjungan ke Camp Nou.
Di hari yang tidak ada pertandingannya, biasanya tur stadion dibuka dari pukul 9.45 pagi hingga 6 sore. Namun jika ada pertandingan, jadwal buka tutup stadion bisa berubah-ubah tergantung jadwal pertandingan itu sendiri.
Info lebih lanjut bisa dibaca di: http://www.fcbarcelona.com/camp-nou

How to get there
Beda sangat dengan Santiago Bernabeu yang langsung muncul di depan mata begitu kita keluar dari stasiun metro Madrid yang bernama sama; mencapai Camp Nou agak tricky kalau kita memilih jalur Metro. Stasiun Metro terdekat dari Camp Nou adalah Collblanc, namun ajaibnya stasiun Collblanc hanya memberi petunjuk soal pintu keluar mana yang mengarah ke Camp Nou. Setelah kita keluar dari stasiun Collblanc, tidak ada lagi petunjuk ke arah Camp Nou sama sekali. Dan celakanya pula, sekeliling Camp Nou tertutupi oleh gedung-gedung apartemen yang lumayan tinggi dan berdempetan, sehingga kita bakal sangat kesulitan memperkirakan kita harus bergerak ke arah mana untuk mencapai Camp Nou.

Petunjuk arah menuju Camp Nou dari stasiun metro Collblanc.

Maka dari itu, saat itu saya menggunakan bantuan GPS dari Google Maps dan aplikasi kompas, untuk menemukan arah relatif Camp Nou terhadap pintu keluar stasiun metro Collblanc. Setelah berputar-putar selama 10 menit, akhirnya saya berhasil menemukan bagian samping stadion (karena kebetulan ada poster FC Barcelona di sisi itu). Oh, masih salah. Rupanya saya mendarat di sisi Camp Nou yang menuju ke klinik.

Pemandangan di perjalanan dari pintu keluar stasiun metro Collblanc menuju Camp Nou. Jangan kaget kalau pojok stadionnya saja tidak kelihatan dari sini!

Pusat medis (klinik) FC Barcelona. Pertama kali menemukan Camp Nou secara fisik, saya terlebih dahulu menemukan sudut yang satu ini. Namun ternyata benar, stadion yang sebenarnya memang di sini.

Kalian juga bisa mencoba lewat stasiun metro lain yang juga cukup dekat dari stadion, antara lain stasiun metro Palau Reial, Les Corts, dan Badal.

Antara tour stadion dan FCBotiga Megastore
Setelah diarahkan oleh petugas yang ada di dekat pintu klinik, akhirnya saya berhasil menemukan pintu masuk tour Camp Nou yang benar. Sisi depan stadion rupanya terpasang poster Qatar Airways dan wajah beberapa pemain FC Barcelona terpilih, dalam ukuran superbesar. Kemudian, tak jauh dari sana ada megastore FCBotiga, tempat penjualan pernak pernik asli Blaugrana. FC Barcelona memang tidak jauh beda dengan musuh bebuyutannya Real Madrid. Kalau stadion Santiago Bernabeu memang dimodifikasi sedemikian rupa agar semua pengunjung tur stadion akan berakhir di toko merchandise, Barcelona terbalik: Mereka mewajibkan semua calon pengunjung tur stadion untuk masuk ke FCBotiga dulu, sebelum bisa menemukan pintu masuk ke tur stadion. Clever business tactic.

Pintu masuk Camp Nou. Susah juga mengambil foto yang bagus, lantaran space yang tersedia memang kecil…
Suasana di dalam FCBotiga Megastore.

Setelah kembali berputar-putar di FCBotiga Megastore dan mencari pintu masuk ke tur stadion, akhirnya bertemulah dengan petugas yang membantu cek tiket. Sangat dianjurkan untuk membeli terlebih dahulu tiket untuk masuk ke tur stadion Camp Nou untuk mencegah kerepotan mengantri di hari H. Siapkan tiket baik versi online maupun versi cetakan (print-out)-nya ketika akan masuk ke tur stadion, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Camp Nou Tour and Museum
Tur stadion FC Barcelona ini sifatnya mandiri terbatas. Di sini kita dibebaskan berjalan-jalan dan mengambil foto sesuka hati, dengan kecepatan sesuka hati juga, tanpa batasan dari seorang pemandu tur. Namun sayangnya, tidak semua bagian dibuka dan dibebaskan untuk lokasi foto-foto bagi para peserta tur.
Nama resmi dari paket tur stadion Camp Nou adalah “Camp Nou Experience Tour & Museu”. Logo Camp Nou Experience Tour & Museu ini selalu muncul sebagai penunjuk arah untuk peserta tur. Intinya, ketika kita kebingungan habis ini harus ke mana, cari saja logo “Camp Nou Experience Tour & Museu” di dinding dan ikuti arah panah yang ditunjukkan.

Contoh petunjuk arah untuk peserta tur stadion Camp Nou.

Tur stadion dimulai dari museum, di mana kita akan diperlihatkan sejarah tim FC Barcelona sejak berdiri di tahun 1899, sekaligus disuguhkan deretan piala dan peristiwa bersejarah bagi tim. Mulai dari dekade awal berdirinya FC Barcelona hingga sekarang, semuanya lengkap. Seluruh piala kecuali piala Champions (atau saat ini bernama UEFA Champions League Cup) dipajang dalam lemari kaca sesuai dengan dekade yang tengah dibahas di papan multimedia yang letaknya bersebelahan.

Trofi La Liga terakhir FC Barcelona saat itu, 11 Mei 2015. Akhirnya FC Barcelona mengunci gelar juara La Liga kembali pada tanggal 16 Mei 2015, selang 5 hari kemudian.

Piala hasil juara UCL musim 2010-2011, yang menjadi piala UCL ke-4 FC Barcelona dalam sejarah setelah tahun 1992, 2006, dan 2009. Keempat piala Champions mereka dipajang dalam podium terpisah.

Tak sekadar pajangan piala, galeri museum juga dimanfaatkan manajemen FC Barcelona untuk meletakkan sejumlah kenang-kenangan terkait klub yang tentu tak bisa dilewatkan begitu saja.

Rupanya ada kostum khusus Barack Obama, presiden Amerika Serikat di tahun 2011. Dan inilah surat jawaban terima kasih dari beliau untuk manajemen klub.

Seblunder-blundernya Victor Valdes, ternyata mantan kiper FC Barcelona di era Guardiola ini pernah memenangkan trofi Zamora.

Setelah lewat dari zona piala, selanjutnya ada Messi Space, yaitu daerah khusus untuk memamerkan piala-piala yang pernah diraih Lionel Messi sebagai pemain FC Barcelona. Adapun piala yang dimaksud adalah Balon d’Or dan Golden Boot.

Salah satu Golden Boot-nya Messi.
Messi punya empat buah Golden Ball dan ini adalah dua di antaranya: 2011 dan 2012.

Mari kita lanjutkan ke lapangan. Para peserta tur dipersilahkan menikmati tribun penonton, kemudian berikutnya berputar ke tribun pelatih dan pemain cadangan. Sayang sekali di Camp Nou ini kita tidak diizinkan untuk coba-coba duduk di kursi pelatih. Padahal di stadion musuh, boleh tuh…

Ah, tapi tidak masalah. Yang penting sudah sempat mengabadikan foto tribun bertuliskan “Mes que un club”, “Qatar Airways”, dan mengabadikan kursi pelatih, sudah lumayan membanggakan :’)

Berikut tampilan foto-foto stadion yang sempat saya abadikan.

Selanjutnya kita menuju ke ruang konferensi pers dan mixed zone. Di mixed zone para peserta tur masih dipersilahkan mengambil foto sendiri, namun sayangnya di ruang konferensi pers kita dilarang mengambil foto. Adapun, manajemen tur sudah menyiapkan fotografer dan sebuah piala dummy untuk diangkat pada saat sesi foto. Dan seperti dugaan kita semua… Foto ini baru bisa kita miliki dengan “biaya tebusan” EUR 50!

Setelah beredar di ruang konferensi pers, bolak balik dari lapangan, sekarang kita kembali ke museum dan melanjutkan petualangan multimedia bersama FC Barcelona. Di sini ada permainan interaktif yang berbentuk kuis trivia, perpustakaan fisik dan digital tentang gol-gol terbaik, hasil karya kreatif, replika stadion, dan sebagainya. Bisa dibilang, di luar urusan piala, inilah suguhan dari museum bagi para fans setia FCB.

Salah satu pajangan di zona kreatif: Nama-nama pemain FCB disusun menjadi peta stasiun metro.

Keluar dari museum, petualangan akan berakhir di ruang pengambilan hasil FCBfoto (jika kalian memang rela menebusnya dengan EUR 50), dan kembali lagi ke FCBotiga Megastore. Pengalaman tur stadion sudah selesai dan para fans sudah sampai pada acara merogoh kantong untuk membeli suvenir klub kesayangan. Jika sudah selesai, cari saja pintu keluar, ada cukup banyak. Salah satunya ini.

Sampai ketemu lagi, dan semoga suatu saat kita para fans FCB bisa kembali untuk menyaksikan pertandingan FC Barcelona secara langsung :’)

(20150511)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s