Review WolframAlpha: Mesin supercerdas di iOS

Butuh aplikasi yang bisa jadi lebih dari sekadar asisten pribadi, pintar menghitung sekaligus berbahasa, bisa diandalkan untuk membuat komparasi, dan bisa menampilkan bentangan sejarah yang terperinci? Itulah WolframAlpha for iOS. Bahkan dalam klaim mereka, WolframAlpha disebut-sebut sebagai jelmaan nyata dari mesin superpintar di film Star Trek. Sehebat apa sih?

Sebelum membahas hebatnya WolframAlpha, ada baiknya kita kenali dulu apa itu WolframAlpha. Ia adalah suatu aplikasi berbasis perangkat besutan Stephen Wolfram yang dikerjakannya selama lebih dari 25 tahun. Pada dasarnya, aplikasi ini akan mengerjakan proses matematika yang dimasukkan ke dalam kotak inputnya. Namun kemudian, aplikasi ini berkembang lebih jauh, dan bisa menampilkan berbagai entri. Bahkan dengan hadirnya Wikipedia, kepintaran WolframAlpha makin komplit.
Nah. Waktunya kita jajal kehebatan WolframAlpha.
Saya mulai dengan pertanyaan ringan. Tentang negara di dunia yang setir mobilnya ada di kanan. Bahasa Inggrisnya: Right-hand driving countries.
Ini hasilnya.

Oh-oh. Barangkali saya yang terlalu iseng, atau pertanyaannya harus matematika barangkali?
Kita coba lagi. Berapa limit mendekati 0 untuk fungsi 8x^2 + 37x – 28? Pertanyaan matematika mudah untuk anak sekolah menengah.
Hasilnya…

Nah. Lebih sip kan?
Kita coba pertanyaan lain lagi. Ada berapa bilangan prima di antara 500 dan 1500?
Hasilnya…

Bravo! Ternyata, dari percobaan-percobaan singkat ini terbukti bahwa WolframAlpha adalah mitra digital tepercaya dalam urusan hitung menghitung, dan tentunya bisa jadi alat bantu matematika yang maut. Tapi, giliran ditanya soal hal-hal yang agak kurang unsur matematikanya, WolframAlpha kalah dari mesin pencari gratis di internet pada umumnya. Baiklah, memang WolframAlpha diciptakan untuk menjadi mesin penghitung ekspres, dengan fungsi lainnya sebagai tambahan saja.
Malas beli aplikasinya di iPhone? Bisa coba di versi web untuk gratisannya:
https://www.wolframalpha.com

Di sana kalian bisa memasukkan berbagai informasi untuk dikomputasi, sama seperti aplikasi ponselnya. Dan kalau penasaran seperti apa informasi yang bisa dihitung, bisa lihat-lihat dulu di sini: https://www.wolframalpha.com/tour/examples.html

Jadi kesimpulannya: Jika memang memiliki pekerjaan atau minat yang banyak berkaitan dengan perhitungan, silahkan beli aplikasi pintar ini, dijamin tidak akan rugi.

WolframAlpha in AppStore:
https://itunes.apple.com/id/app/wolframalpha/id334989259?mt=8
(harga IDR 35.000)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s