Review Shades: Tetris era 2015?

Minggu ini Apple AppStore memajang sebuah game di aplikasi Editors Choice mereka: Shades. Ya, ini adalah sebuah game baru besutan UOVO yang baru saja dirilis 21 Januari kemarin. Menurut sinopsisnya, cara bermainnya sangat mudah namun tricky. Wah, makanan baru nih! Buruan unduh.

Setelah selesai mengunduh game yang memakan space iPhone sebanyak sekitar 30 MB ini, saya langsung mencobanya dan ternyata tidak terlalu sulit. Ternyata kita hanya disuruh menyusun balok-balok yang jatuh ke bumi selayaknya Tetris. Tetapi bedanya dengan Tetris adalah bahwa balok di sini hanya bisa digeser kanan kiri, dan yang sangat harus diperhatikan adalah warna baloknya. Ketika kita menumpuk dua balok berwarna sama, maka balok gabungannya akan menggelap. Demikian seterusnya. Lalu, baris yang keempat kolomnya punya warna sama akan dihapus, seperti saat main Tetris. Ingat, warna keempat kolomnya harus sama. Nah, game ini ada gradasi kesulitannya, easy medium hard gitu. Saya baru mencoba yang easy saja. Yang lain belum sempat. Tapi sekilas bedanya terletak di kecepatan turunnya balok di awal level. Di dalam setiap gradasi ada level-level, yang mana semakin naik level kita maka balok akan berjatuhan lebih cepat.
Nanti kira-kira susunan baloknya bakal begini. (Tampilan di layar saya ada yang kurang normal, maklum iPhone jadul).

Namun ketika level semakin bertambah dan balok hadir semakin cepat, kita pasti mulai agak kelabakan. Masalahnya akan bertambah kalau kita memainkan game ini di tempat goyang (misalnya di kendaraan umum atau ketika sambil berjalan), atau ketika bermain saat sambil chatting dengan orang lain di iPhone yang sama. Karena alhasil kita cenderung salah pencet kolom, lalu game akan jadi kacau balau dan konsentrasi dijamin buyar. Game over-lah kita semua.
Saya sudah berhasil menyelesaikan satu kali game easy, dan ini skornya. 

Tampaknya saya perlu latihan rutin supaya skor saya tidak serendah itu.
Oh ya satu lagi. Game ini tidak melulu bernuansa hijau. Warna balok memang akan sama terus selama kita main satu game, namun ketika game over dan mulai game baru, warna akan berubah jadi ungu, atau jadi biru, dan sebagainya.
Penasaran? Silahkan dicoba.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s