12 Angry Men (1957)

Identitas Film

Censor rating: Not rated
Duration: 96 minutes
Genre: Crime, drama
Release date: April 1957
IMDb rating: 8.9/10 (#5 in 250 Top Rated Movies)
Rotten Tomatoes Tomatometer: 100%
Director: Sidney Lumet
Casts: Henry Fonda, Lee J. Cobb, Martin Balsam, Jack Klugman, Joseph Sweeney, E. G. Marshall

Sinopsis Official

A dissenting juror in a murder trial slowly manages to convince the others that the case is not as obviously clear as it seemed in court.

 

Resensi

Pernah terbayang ada film budget rendah yang sama sekali tidak ada adegan action, sama sekali tidak ada tipuan kamera dan penerapan teknologi audiovisual, hanya mengandalkan kekuatan kata-kata, namun bisa menjadi film legendaris? Jika belum pernah terbayang, artinya kalian harus menyaksikan 12 Angry Men (1957). Film noir yang telah berusia lebih dari 55 tahun ini tidak hanya legendaris, namun juga amat mengesankan sekaligus menginspirasi.

Plot cerita cukup sederhana: Dua belas bapak-bapak dengan pekerjaan dan latar belakang berbeda-beda berkumpul di suatu ruangan di gedung pengadilan, sebagai dua belas juri yang berperan membantu putusan hakim apakah seorang terdakwa bersalah atau tidak. Kali ini, terdakwa adalah seorang remaja Hispanic yang jadi tersangka kasus pembunuhan ayahnya. Drama dimulai ketika salah satu juri yaitu juri #8 (Henry Fonda) menolak menyatakan bahwa remaja itu bersalah. Dia hanya berpendapat “tidak tahu dia bersalah atau tidak”. Sementara, yang menarik adalah, bahwa sebelas juri lainnya sepakat remaja itu bersalah. Permasalahannya, keputusan hanya bisa diambil jika dua belas juri sepakat seluruhnya. Kali ini hanya ada satu juri yang beda pendapat, dan jelas saja, sebelas juri lainnya siap menerkam si juri #8 yang “berani-beraninya merusak jadwal pulang awal mereka”.

Selanjutnya, film berdurasi 96 menit ini menggambarkan bagaimana pria-pria yang tadinya ingin cepat-cepat menyudahi diskusi mereka ini terbawa dalam debat dan adu argumen yang seru. Pemahaman, intonasi kata-kata dan “permainan” logika sarat dimuat dalam film ini. Dan yang paling menarik, tentu saja bagaimana cara para juri menyatukan pendapat mereka yang tadinya berbeda satu sama lain.

Bagi para penggemar film yang terbiasa menikmati hasil perpaduan audiovisual dan teknologi modern, film ini pastilah tidak ada apa-apanya. Sama sekali tidak ada teknologi luar biasa yang diterapkan, bahkan sangat jauh dari film-film sezamannya seperti Ben-Hur (1959) sekalipun, kalau kita bicara soal teknologi. Namun, berbagai agregator komentar dan kritik film meyakinkan film ini memang luar biasa. Rotten Tomatoes bahkan memberi skor 100% fresh, skor yang jelas jarang ada. IMDb bagaimana? Ternyata skor 8,9/10 juga membuat film ini menjadi langganan penghuni tetap IMDb Top 250 of all time.

Meskipun semua karakter hanya kita kenali dengan nomor-nomor, karakter-karakter dalam film ini menggambarkan varian karakter manusia dalam berdebat. Mulai dari yang serius tapi santai seperti juri #1, yang mencoba bijaksana namun tegas seperti juri #9 yang paling senior, yang pandai menyimpan dendam seperti juri #3, hingga yang tak sabaran sedikit-sedikit ingin berteriak seperti juri #7; semua disajikan di sini. Pesan moral yang disampaikan tidak hanya bahwa diskusi dengan ketenangan bisa membawa kita kepada keputusan yang baik, namun juga kita semacam diingatkan tentang tanggung jawab di balik tugas yang dilimpahkan, sekaligus mengajarkan secara langsung tentang dampak positif prasangka tak bersalah, dan pentingnya pemisahan antara masalah pribadi dan pekerjaan (yang terkadang atau barangkali sering sulit kita lakukan). Khususnya buat kita yang tidak sabaran, film ini juga memberitahukan bahwa ketidaksabaran tidak akan membawa kita ke manapun. Silahkan cari nilai-nilai positif lainnya, tentu masih banyak yang belum saya sebutkan.

Sangat direkomendasikan untuk sekadar mengisi waktu luang, atau bahkan untuk tujuan yang lebih penting: Memberi inspirasi tentang kerja sama tim yang positif.

 

My Ratings

  • Story 9/10
  • Graphic 5/10
  • Audience grasp 9/10
  • Tagline association 7/10
  • Moral value 9/10
  • Personal IMDb rating 10/10
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s