[Hongkong] Avenue of the Stars

Sebagai pembuka review mengenai tempat-tempat menarik di Hong Kong, kita mulai dari tempat wisata yang selalu masuk dalam daftar tempat yang perlu dikunjungi di HK ini. Letaknya di tepi sungai, hanya berupa taman terbuka, yang lantainya dihiasi banyak plat bergambar bintang dengan nama dan cap jari para selebriti. Namanya Avenue of The Stars.

Mungkin jika penasaran seperti apakah pemandangan di Avenue of The Stars, kira-kira penampakannya seperti ini.

Pemandangan di Avenue of The Stars, siang hari




Avenue of The Stars di malam hari, jam-jam setelah Symphony of Light berakhir


Why come?
Untuk penggemar film dan musik dari HK/Cantonese, tempat ini wajib dikunjungi karena di sinilah jejeran plat bercap resmi dari para selebriti setempat dipajang untuk dinikmati secara gratis. Patung Bruce Lee in action juga terpajang di sini, dan tentunya setiap tamu bisa mengambil foto di dekat patung ini tanpa dipungut bayaran. Ditambah adanya Symphony of Lights yang mengudara setiap hari pukul 20.00 waktu setempat selama sekitar 15 menit, membuat tempat ini nyaris tak pernah terlewatkan baik dalam rencana perjalanan perorangan maupun rombongan tur.

Bagaimana jika kebetulan bukan penggemar budaya Cantonese? Avenue of The Stars juga menawarkan pemandangan alam yang menarik dan khas HK, sehingga tentunya setiap turis yang berkunjung ke HK ingin mengambil foto diri dengan latar belakang bangunan-bangunan tinggi di seberang sungai. Atau jika masih kurang puas, di sini juga banyak berlalu lalang kapal-kapal tradisional maupun cruises yang juga bisa dinikmati para turis.

How to get there?
Avenue of The Stars bisa dijangkau dengan mudah menggunakan MTR. Silakan ikuti MTR jalur West Rail (pita lilac), ikuti saja jalur itu dan turun di stasiun East Tsim Sha Tsui. Atau jika tempat tinggalnya kebetulan ada di dekat jalur Tsuen Wan (pita merah) dan turun di stasiun Tsim Sha Tsui. Kedua stasiun ini tidak saling berhubungan kereta, namun berhubungan stasiunnya. Alias, keluar dari kereta di stasiun yang satu bisa jalan kaki dan tembus ke stasiun sebelahnya; demikian juga sebaliknya. Jadi jangan khawatir, Avenue of The Stars bisa dicapai dari kedua stasiun ini.
Untuk mencari Avenue of The Stars dari stasiun MTR ini agak merepotkan, karena kita perlu mencari exit J dengan penanda Avenue of The Stars (yang mana jalan menuju exit J itu sendiri relatif banyak belokannya). Namun jangan khawatir, karena begitu naik eskalator menuju pintu keluar stasiun, masih ada penunjuk jalan yang membantu menemukan tempat ini. Sebagai patokan tambahan, bisa juga menggunakan bantuan InterContinental Hotel sebagai landmark, yang letaknya kebetulan sangat berdekatan dengannya.

InterContinental Hotel

How long?
Waktu ideal di sini sangat tergantung dari rencana perjalanan yang sudah disusun. Rasanya waktu ideal berada di sini adalah sekitar 30-60 menit.
Biasanya rombongan tur hanya menghabiskan waktu 30 menit di sini. Jika rombongan tur berada dalam jumlah sangat besar dan sibuk mengambil foto sana sini, 30 menit itu akan sangat-sangat kurang. Namun jika jalan sendirian dan kebetulan bukan penggemar selebriti HK, 30 menit bisa jadi cukup.
Khusus jika ingin menikmati Symphony of Lights, perhatikan bahwa sebaiknya kita sudah ada di lokasi sejak 30-45 menit sebelum pukul 20.00. Jika datang di hari besar, misalnya Tahun Baru Imlek, perlu lebih awal lagi, mungkin 45-75 menit sebelum pukul 20.00. Karena kalau datang terlalu mepet jam 20.00, Avenue of The Stars sudah penuh sesak dan tarian sinar-sinar lampu pun bakal sulit dinikmati.
Kapan idealnya datang kemari? Usahakan menengok ramalan cuaca sebelum berangkat, karena kalau ada kabut dan hujan, Avenue of The Stars bisa jadi kurang menarik. Kabut bakal menghalangi pandangan ke seberang sungai, sementara hujan sudah pasti akan mengganggu lantaran tempat wisata ini ada di alam terbuka.

Contoh pemandangan Avenue of The Stars di saat cuaca mulai berkabut.

Conclusion
Avenue of The Stars termasuk salah satu objek wisata alam terbuka yang wajib dikunjungi di HK, mengingat tempat wisata ini gratis dan menawarkan pemandangan alam yang cukup menarik walaupun tidak benar-benar luar biasa. Menikmati Symphony of Lights juga bisa menjadi nilai tambah tersendiri. Upayakan datang ketika cuaca cerah tanpa kabut, siang atau malam tidak terlalu menjadi masalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s